Ibu Jari Kejepit? Coba Sembuhkan dengan 5 Cara Ini

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 09 196 1919741 ibu-jari-kejepit-coba-sembuhkan-dengan-5-cara-ini-xmLVTRVZ1g.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

IBU jari merupakan salah satu bagian tubuh yang banyak berperan bagi manusia. Meski terlihat sepele, ibu jari nyatanya memang memiliki sejumlah manfaat. Anda tentunya tidak akan bisa menggenggam dengan baik tanpa adanya ibu jari.

Daya keseimbangan pun akan terganggu jika Anda tidak memiliki ibu jari. Oleh sebab itu Anda harus pandai dalam merawat jemari khususnya pada bagian ibu jari.

Tapi, ibu jari memang rentan mengalami cedera pasalnya bagian ini memang memiliki lebih banyak tenaga dan peranan penting. Kadang kala cedera bisa saja terjadi ketika Anda sedang mengerjakan pekerjaan rumah. Melansir Wonder List ada beberapa cara yang bisa mempercepat penyembuhan ibu jari.

Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya


1. Istirahatkan

Istirahat efektif untuk menyembuhkan luka ringan. Jika Anda ingin ibu jari yang terkilir cepat sembuh ada baiknya untuk membiarkannya beristirahat. Istirahat yang tepat sangat penting untuk penyembuhan kerusakan jaringan lunak. Sebaliknya, jika Anda terus menekan ibu jari maka akan menyebabkan lebih banyak rasa sakit, peradangan, dan menyebabkan cedera lebih lanjut.

2. Kompres dengan es

Anda dapat menggunakan kubus kecil es pada ibu jari yang terkilir untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit. Es membantu mencegah ligamen meradang dengan mengurangi respons peradangan tubuh Anda. Terapi es juga dapat membantu menghentikan pendarahan dari ligamen yang robek.

Anda perlu mengompres es pada jempol Anda selama 48-72 jam pertama setelah Anda mengalami cedera. Ambil satu atau beberapa es batu kecil di handuk dan bungkus. Sekarang gunakan kompres pada jempol Anda yang cedera sekira 15-20 menit. Ulangi metode ini setiap 2-3 jam sekali.

Baca Juga: 5 Idola Tik Tok Cantik Ini Tidak Kalah Tenar dari Bowo Alpenliebe

3. Posisikan ibu jari Anda di atas dada

Terkilir dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk dan ini dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan bengkak. Cara ini dapat membantu sirkulasi darah Anda menjadi lebih baik. Anda perlu menjaga ibu jari Anda tetap tinggi di atas tingkat dada.

Letakkan beberapa bantal di sandaran tangan sofa atau kursi tempat Anda duduk. Saat tidur, Anda dapat menyimpan beberapa bantal di bawah tangan untuk menjaga ibu jari Anda tetap tinggi.

4. Terapi panas lembab

Mirip dengan terapi es, terapi panas lembab juga akan membantu untuk menyembuhkan cededa. Namun, Anda harus menggunakan ini hanya dalam 72 jam pertama setelah mengalami cedera. Panas meningkatkan sirkulasi darah dan juga menghangatkan otot di area tersebut, dan akan membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Ambil saja handuk dan rendam dalam air hangat. Peras air yang berlebih dan taruh handuk hangat ini di atas ibu jari lalu diamkan selama 10 menit. Ulangi ini setidaknya beberapa kali sehari selama 2-3 hari.

5. Diurut

Setelah pembengkakan dan rasa sakit terkendali Anda harus mencoba memijat jaringan lunak. Ini akan membantu menyembuhkan ligamen Anda yang terluka. Pijatan juga akan meningkatkan aliran darah ke area tersebut.

Cukup ambil sedikit minyak kelapa hangat atau minyak zaitun dan gunakan di jempol yang cedera. Sekarang, pijat area dengan lembut, sekira 5-10 menit. Setelah selesai memijat, ambillah handuk hangat dan bungkuslah area tersebut. Ulangi ini setidaknya beberapa kali dalam sehari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini