nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dulu Lingkaran, Mengapa Wadah Pizza Kini Berbentuk Kotak? Ini Jawabnya

Agregasi Grivy.com, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 12:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 09 298 1919811 dulu-lingkaran-mengapa-wadah-pizza-kini-berbentuk-kotak-ini-jawabnya-mEd5VSJyGn.jpg Kemasan pizza kini kotak (Foto:Delight)

UMUMNYA wadah akan mengikuti bentuk dari benda yang dibungkusnya. Namun bukan tidak mungkin sebuah wadah dibentuk berbeda dengan alasan tertentu. Tidak terkecuali wadah sebuah makanan.

Pernahkah Anda bertanya-tanya, jika mayoritas pizza berbentuk lingkaran, mengapa kemasannya justru berbentuk persegi?

Untuk menjawabnya, seorang kepala media di Coventry University--Philip Draycott mengatakan, bentuk persegi kemasan pizza sebetulnya dicetuskan lantaran alasan kepraktisan. Adapun bentuk persegi ini dinilai lebih sederhana, dan tentu saja--murah, ketimbang kemasan dengan bentuk lingkaran.

 BACA JUGA:

Dibanderol Ratusan Juta hingga Miliaran Rupiah! 5 Hidangan Penutup Ini Bikin Kantong Kamu Miskin Mendadak

Lebih lanjut, kemasan berbentuk lingkaran setidaknya memerlukan dua bagian, yakni wadah dan penutupnya. Nah, selain tidak praktis, bentuk ini juga membutuhkan bahan yang lebih banyak. Sebaliknya, kemasan bentuk persegi hanya membutuhkan satu lembar kardus, yang sudah bisa difungsikan sebagai wadah dan penutupnya.

Perihal waktu pengemasan, bentuk bungkus persegi juga lebih cepat dirakit, sebab punya empat bagian yang mudah dilipat. Selain itu, wadah bentuk kotak ini juga mudah disimpan, ditumpuk di lemari penyimpanan, bahkan dibawa.

(Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya)

Pernah Berbentuk Lingkaran

Jangan salah, faktanya kemasan pizza juga pernah dibuat berbentuk lingkaran, lho. Pencetusnya, yakni John Harvey, yang membuat kemasan itu pada tahun 2004. Sayangnya, produk yang diberi nama “Presseal” ini justru meredup, lantaran dianggap tidak efektif dan efisien.

Di sisi lain, pada tahun 2010, perusahaan besar Apple juga pernah mematenkan kemasan pizza berbentuk lingkaran. Nah, agar pizza tidak melembek akibat uap panas, kemasan tersebut juga memiliki delapan lubang sebagai ventilasi udara.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini