Siap-Siap! Bunga Langka Setinggi 2 Meter Ini Siap Mekar di Indonesia

ant, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 13:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 09 406 1919822 siap-siap-bunga-langka-setinggi-2-meter-ini-siap-mekar-di-indonesia-AvMhOyojIC.jpg Bunga Bangkai (Daily Mail)

SATU bunga dilindungi, amorphophallus titanum, siap mekar di area penangkaran bunga langka warga Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

"Kami memperkirakan bunga akan mekar sempurna dalam satu atau dua hari ke depan," kata Holidin, pemilik area penangkaran bunga langka di Bengkulu, Senin.

 Baca juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

Bunga Bangkai (Ant)

Ia mengatakan, bunga setinggi hampir dua meter itu diprediksi mekar pada Sabtu (7/7/2018) lalu, namun tidak sesuai perkiraan. Bunga yang ditanam di area penangkaran seluas 3 hektare tersebut merupakan amorphophallus titanum atau dalam bahasa lokal bunga kibut ketiga yang mekar dalam dua bulan terakhir.

Sebelumnya, dua bunga amorphophallus titanum dengan rata-rata tinggi dua meter juga telah mekar sempurna di area penangkaran milik keluarganya itu. "Ini bunga ketiga yang mekar dalam dua bulan terakhir dan kami sudah membuka area ini untuk umum," ucapnya.

 Baca juga: 5 Kelakuan Pemain Sepakbola di Lapangan, Buang Hajat hingga Pegang Alat Kelamin Lawan!

Untuk menuju lokasi bunga tersebut, pengunjung harus berkendara selama 1,5 jam dari Kota Bengkulu menuju Kota Kepahiang. Tidak susah menemukan area penangkaran ini sebab posisinya berada di tepi jalan lintas Kota Bengkulu-Kepahiang, tepatnya di kilometer 52.

Pengunjung, kata dia, dapat menyaksikan keunikan bunga langka tersebut tanpa dipungut biaya masuk ke penangkaran yang berada di pinggir Hutan Lindung Bukit Daun itu. Namun, pihaknya menyediakan kotak sumbangan untuk mendukung upaya pelestarian flora langka endemik Pulau Sumatera tersebut. Holidin menambahkan, bahwa masa mekar bunga bangkai atau Amorphophallus sp berbeda dengan rafflesia sp.

 Baca juga: Dari Salah Nama hingga Mudik, Meme-Meme Piala Dunia 2018 Ini Bikin Ngakak

Bunga bangkai memiliki masa mekar sempurna hanya beberapa jam sebelum kembali menguncup. Sedangkan bunga rafflesia sp akan mekar sempurna selama lima hari sebelum berubah warna menjadi hitam dan membusuk. "Momen mekar sempurna bunga bangkai hanya beberapa jam, jadi menyaksikan bunga ini mekar adalah keberuntungan," katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini