nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Dieng, 5 Daerah Ini Juga Terserang Suhu Udara Dingin!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 09 406 1919902 tak-hanya-dieng-5-daerah-ini-juga-terserang-suhu-udara-dingin-ylU2v6nSge.jpg Maribaya (Okezone)

BEBERAPA hari belakangan ini ada sebagian daerah di Indonesia yang mengalami fenomena cukup menghebohkan. Ya, jika Anda yang sadar dan tahu, Indonesia memang sedang terjadi fenomena suhu udara dingin, yang menurut BMKG terjadi alamiah di bulan-bulan puncak musim kemarau sekitar Juli-Agustus.

Dalam rilis yang dibagikan pada situs resminya, BMKG menyebutkan, selama 1-5 Juli 2018 suhu udara kurang dari 15 derajat celcius di beberapa daerah. Namun, kecepatan dan mudahnya mendapatkan informasi membuat fenomena ini begitu menghebohkan di antara masyarakat urban, terutama pengguna media sosial.

 Baca juga: Sedang Dingin-Dinginnya, Inilah Destinasi dan Waktu yang Tepat untuk Berlibur ke Bandung

Pasalnya, di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, terjadi embun membeku dan nampak seperti kumpulan salju. Bahkan, tidak hanya di Dieng, Jakarta pada malam hari pun beberapa waktu lalu terasa begitu dingin tidak seperti biasanya.

Menurut BMKG, kondisi penurunan suhu udara dan terasa lebih dingin ini terjadi karena Indonesia berada di puncak musim kemarau. Tidak hanya Dieng, tapi beberapa daerah lainnya di Indonesia pun mengalami hal serupa. Berikut rangkumannya yang Okezone susun dari berbagai sumber, Senin (9/7/2018).

1. Bandung, Jawa Barat

 Maribaya

Dalam cuitannya di media sosial Twitter, BMKG lewat akun @infoBMKG menuliskan, “Adapun yang beredar di sosmed mengenai suhu di Bandung mencapai 15 derajat celcius saat ini bukanlah yang terdingin. Suhu minimum yang terjadi di Bandung pernah 12,4 derajat celcius pada Juli 1986 dan Lembang pernah 9,8 derajat celcius pada Juli 1991. Artinya, suhu sekarang masih berada di tatanan normal.” Meskipun tidak ada keterangan Bandung mengalami embun membeku, namun suhu rendah tersebut membuat masyarakat heboh di media sosial, membagikan kesannya tentang kondisi si Kota Kembang.

 Baca juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

2. Bali

Tidak seheboh Bandung apalagi Dieng memang, tapi Bali tetap terkena dampak dari aliran cuaca dingin yang terjadi pada Juli tahun ini. Fenomena suhu udara dingin sendiri menurut BMKG terjadi setahun sekali pada kisaran Juli.

3. Kaki gunung Frans Sales Lega, NTT

Suhu udara kurang dari 15 derajat celcius semakin terasa ketika berada di dataran tinggi, seperti di kaki gunung Frans Sales Lega, NTT, yang suhu terendahnya tercatat mencapai 12 derajat celcius pada lima hari lalu, 4 Juli 2018.

 Baca juga: 5 Kelakuan Pemain Sepakbola di Lapangan, Buang Hajat hingga Pegang Alat Kelamin Lawan!

4. Gunung Semeru, Jawa Timur

 Semeru (Ig)

Sama seperti lereng pegunungan Dieng, Gunung Semeru, Jawa Timur pun mengalami hal yang serupa. Dikatakan oleh Deputi Bidang Klimatologi, Drs. Herizal, M.Si, “Fenomena suhu dingin malam hari dan embun beku di lereng pegunungan Dieng lebih disebabkan kondisi meteorologis dan musim kemarau yang tengah berlangsung. Saat puncak kemarau, suhu udara lebih dingin dan permukaan bumi lebih kering, jadi panas matahari lebih banyak terbuang, hal itulah yang menyebabkan suhu udara musim kemarau lebih dingin daripada saat musim hujan.” Gunung Semeru menjadi salah satu daerah yang mengalami pendinginan lebih saat cuaca cerah tidak tertutup awan atau hujan.

5. Jakarta

Meskipun Jakarta dikenal panas dan macet, ternyata ibukota tercinta tidak luput dari fenomena suhu dingin di puncak kemarau. Seperti cuitan BMKG di akun Twitter resminya tertulis, “Aliran massa dingin itu menyebabkan perubahan suhu menjadi lebih dingin di sejumlah wilayah Indonesia yang berada di sebelah selatan garis khatulistiwa. Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.” Puncak kemarau yang terjadi di Indonesia sendiri terjadi pada Jumat malam, 7 Juli 2018 lalu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini