nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deg-degan Meniti Langkah di The Hanging Temple, Kuil Gantung China

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 02:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 09 406 1919944 deg-degan-meniti-langkah-di-the-hanging-temple-kuil-gantung-china-PKfT2grUlL.jpg Biara gantung di China (Foto:Amusingplanet)

MENYAMBANGI salah satu kuil yang ada di China ini para wisatawan tentu tidak akan habis rasa takjubnya. Bagaimana tidak, jika sebagian besar kuil dibangun di atas tanah yang rata dan mudah diakses, berbeda dengan The Hanging Temple di daerah Datong.

Ya, persis seperti namanya, yaitu The Hanging Temple, kuil tersebut memang nampak seperti digantung di sisi tebing dari Gunung Hengshan. The Hanging Temple alias kuil gantung dibangun di ketinggian sekira 75 meter di atas tanah dan disangga oleh kayu-kayu yang panjang dan kokoh.

(Baca Juga: 5 Model Cantik Terkaya di Dunia)

 

(Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya)

Meskipun nampak begitu mengerikan bagi wisatawan yang baru kali pertama datang dan berada di sisi tebing, kuil yang tepatnya dibangun di ngarai, kaki Gunung Hengshan, Provinsi Shanxi, China, memiliki lebih dari 40 aula dan paviliun di area yang luasnya 152,5 meter persegi saling terhubung satu sama lain melalui koridor dan jembatan. Semua bangunan kuil dibangun di lahan yang tidak rata tingginya, namun tetap terlihat rata dan seimbang.

Memasuki bagian dalam kuil gantung The Hanging Temple, ada sebanyak 80 buah patung cor terbuat dari perunggu, besi, dan pahatan tanah liat. Ada pula patung terbuat dari pahatan batu yang dibuat dari berbagai dinasti.

Ternyata, menurut laman Amusing Planet, Selasa (10/7/2018), pembangunan kuil gantung di sisi tebing gunung ini bukanlah tanpa alasan. Konsep seperti itu dipilih agar kuil terhindar dari banjir yang mengerikan dan menggunakan gunung sebagai perlindungan dari hujan, salju, dan paparan sinar matahari.

 

Berlibur ke China khususnya daerah Datong tidak lengkap jika belum menyambangi kuil gantung The Hanging Temple. Pasalnya, selain bentuk dan lokasinya yang unik, kuil gantung pun merupakan salah satu tempat wisata dan situs bersejarah di Datong, bahkan kuil telah dibangun lebih dari 1.506 tahun lalu.

Kuil gantung The Hanging Temple adalah kuil Buddha, Tao, dan Konghucu. Anda yang berminat untuk menyambangi kuil gantung super unik ini harus menyiapkan tenaga yang prima, karena ada ribuan anak tangga yang perlu dilalui.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini