nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dilarang Gunakan Kamera, Ini Tips Memotret via Smartphone di Museum MACAN

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 20:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 09 406 1920062 dilarang-gunakan-kamera-ini-tips-memotret-via-smartphone-di-museum-macan-G9NFh6hIUO.jpg Fotografi (Findingtheuniverse)

SALAH satu kebiasaan wisatawan yang tidak pernah terlewatkan pada saat traveling adalah mengabadikan momen-momen menarik yang mereka temukan. Photography menjadi cara terbaik untuk mendokumentasikan pengalaman perjalanan, sekaligus dijadikan sebagai ajang ‘pamer’ di media sosial.

Berbicara soal photography, sebetulnya ada fenomena unik yang tengah digandrungi oleh para wisatawan yaitu, mengabadikan berbagai objek menarik di museum atau art gallery. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Anda tidak perlu repot-repot lagi membawa kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless. mengandalkan smartphone, berbagai objek yang Anda anggap unik pun bisa diabadikan dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

Museum Macan (Dimas/Okezone)

“Sekarang itu lagi booming hashtag #MuseumSelfie. Kalau lihat di Instagram totalnya sudah lebih dari 57 ribu foto yang diunggah. Dengan kata lain, sudah banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi museum atau artgallery meski hanya sekadar untuk berselfie,” tutur Aries Lukman, Pendiri komunitas iPhonesia, di Museum Macan, Jakarta Barat, Senin (9/7/2018).

Lebih lanjut Aries mengatakan, definisi museum kini telah mengalami pergeseran dari yang awalnya dianggap kuno dan membosankan, sekarang sudah menjelma menjadi destinasi tujuan baru bagi para wisatawan. Tak terkecuali bagi para anak-anak muda atau generasi millennial.

Sekarang, museum tidak hanya menjadi tempat bagi orang-orang yang ingin menikmati karya seni, tetapi juga untuk menunjukkan eksistensi, atau membuat konten-konten menarik yang dapat meningkatkan interaksi seseorang dengan para pengikutnya (followers).

Baca juga: 5 Idola Tik Tok Cantik Ini Tidak Kalah Tenar dari Bowo Alpenliebe

“Bisa dilihat dari hasil foto yang diunggah. Banyak anak-anak muda atau orang dewasa yang datang ke museum dengan outfit (busana) yang bisa dibilang sangat ‘niat’. Tujuannya pasti untuk menunjang penampilan mereka saat berfoto,” imbuhnya.

Museum Macan (Leo/Okezone)

Nah, agar hasil foto Anda menjadi lebih menarik, Aries juga sempat membeberkan beberapa tips dan trik memotret di museum menggunakan smartphone.

Observasi

“Saran saya yang pertama adalah melakukan observasi terlebih dahulu. Apalagi kalau belum pernah ke sana sebelumnya. Kasarnya, nikmati dulu seninya. Perhatikan apakah pencahayaan di dalam museum sudah pas. Karena salah satu kekurangan smartphone photography itu terletak pada pencahayaan,” kata Aries.

Baca juga: 5 Kelakuan Pemain Sepakbola di Lapangan, Buang Hajat hingga Pegang Alat Kelamin Lawan!

Pencahayaan ini terbagi lagi menjadi beberapa kategori yakni, down light (cahaya yang mengarah langsung ke arah objek. Biasanya ditemui pada objek lukisan), ambience light (cahaya disekitar objek), terakhir ada natural light (cahaya alami yang berasal dari sinar matahari).

Setelah mengetahui lokasi pencahayaan yang tepat, Anda bisa mulai mengatur angle. Aries menambahkan, jangan ragu untuk memainkan exposure pada fitur smartphone untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

“Setiap device itu pasti punya fitur pengaturan exposure pada kameranya. Kalau menurut saya, lebih baik exposurenya rendah daripada terlalu berlebihan karena masih bisa kita sentuh ulang saat proses pengeditan foto,” jelasnya.

Arsitektur elemen terpenting

“Arsitektur itu merupakan elemen terpenting karena akan mendukung hasil akhir dari objek yang akan kita foto. Jadi jangan ragu untuk mengeksplorasi bentuk benda-benda yang ada di sekitar kita,” papar Aries.

Karya seni

“Objek di museum itu ada banyak, tidak hanya lukisan. Eksplorasi lebih dalam karena banyak sekali karya-karya seni yang sengaja dibuat untuk berinteraksi dengan para pengunjung. Perlu diingat, karena kita sedang mengunjungi museum, usahakan objek utama foto Anda adalah karya seni itu sendiri,” tegas Aries.

  

Maksimalkan smartphone

“Gunakan aksesoris tambahan seperti lensa atau Anda bisa juga memanfaatkan berbagai aplikasi untuk mengedit foto. Aplikasi paling dasar itu ada Snapseed, Vsco Cam, Filterstorm (khusus pengguna iPhone), dan Lightroom,” tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini