nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Nikmati Karya Yayoi Kusama, di Museum MACAN Bisa Belajar Menenun Kain Lho!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 09 406 1920080 selain-nikmati-karya-yayoi-kusama-di-museum-macan-bisa-belajar-menenun-kain-lho-6gXlC0rN6l.jpg Museum MACAN (Foto: Dimas/Okezone)

SEJAK diresmikan pada 4 November 2017 lalu, Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Indonesia, terutama yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

Berkat konsep yang diusung oleh kolektor sekalgius pendirinya, Haryanto Adikoesoemo, Museum MACAN menawarkan berbagai karya seni mutakhir dari seniman ternama yang dibalut dalam desain interior bergaya kontemporer.

Belum lama ini, pihak pengelola meluncurkan pameran seni bertajuk Yayoi Kusama: Life is Heart of Rainbow yang diselenggarakan mulai 12 Mei-9 September 2018. Benda yang ditampilkan pun merupakan karya-karya seni milik seniman asal Jepang yang dikenal memiliki ciri khas polkadot itu.

Menariknya, selain menikmati karya seni Yayoi Kusama, para pengunjung kini dapat mengikuti rangkaian workshop inspiratif yang dibesut oleh Minute Maid Pulpy. Para pengisi workshop tersebut merupakan sederet nama besar di industri seni dan kreatif seperti Dita Alangkara, salah satu pendiri kolaboratif komunitas fotografi What’s Next Project dan pendiri komunitas @1000kata.

Lalu ada juga Martha Puri, sosok di balik karya kreatif @idekuhandmade, Puty Puar, Illustrator dan blogger @byputy, dan Nike Prima, salah satu pendiri dalam bidang home and living @livinglovingnet.

Museum MACAN

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para seniman-seniman muda Indonesia, sekaligus meningkatkan apresiasi terhadap seni yang dinilai masih sangat minim.

“Ada begitu banyak talenta seni lokal yang saat ini tengah berkembang dan membutuhkan wadah serta apresiasi seni dari para penikmatnya. Kami berharap, workshop ini dapat mendukung para talenta seni terutama generasi muda dalam memberdayakan kreativitas mereka,” tutur Monika Puspitarasari, Senior IMC Manager Minute Maid, di Museum Macan, Jakarta Barat, Senin 9 September 2018.

Museum MACAN

Dalam kesempatan yang sama, Puty puar mengatakan, dalam workshop tersebut ia akan mengajak para pengunjung untuk belajar membuat jurnal tentang kehidupan sehari-hari mereka dan jurnal perjalanan (travel).

“Jurnal itu bisa mengatur kegiatan dan waktu agar lebih efektif dan efesien. Selain itu, manfaatnya juga dapat meningkatkan mood kita. Kalau ingin bersemangat, kita bisa menggambar (doodling) matahari yang diafirmasikan sebagai hal positif atau penyemangat,” jelas Puty.

Musem MACAN

Bagi pengunjung yang memiliki hobi menenun kain, membuat kerajinan tangan, dan ingin menuangkan ide-ide kreatif mereka, Nike Prima dan Martha Puri akan membawakan workshop menenun kain serta membuat totebag dan pouch painting.

Sesi workshop ini akan dilakukan dengan jadwal 1 kelas di hari biasa dan 1 kelas di akhir pekan selama satu minggu sekali Mekanisme pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di Museum MACAN atau secara online dengan melakukan pembelian produk Minute Maid Pulpy 4 case senilai Rp260.000.

Museum MACAN

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini