Awas, Terlalu Kencang Mengikat Dasi Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 09 481 1919733 awas-terlalu-kencang-mengikat-dasi-bisa-pengaruhi-kesehatan-mata-6R1hLnkLuq.jpg Pakai dasi terlalu ketat pengaruhi aliran darah ke otak (Foto:Dailymail)

 

MENGGUNAKAN dasi menjadi rutinitas setiap hari banyak pria. Aksesori ini dianggap bisa lengkapi office-outfit yang menarik.

Tapi, siapa sangka di balik penggunaan dasi, terdapat bahaya yang mengintai. Seperti hasil penelitian yang baru-baru ini, di mana dijelaskan di sana bahwa penggunaan dasi yang terlalu kencang akan menekan vena yang merupakan kunci dari aliran darah ke otak!

 BACA JUGA:

Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

Dilansir dari Daily Mail, Senin (9/7/2018), penelitian kecil pada 30 pria muda di Jerman menemukan adanya hasil penurunan fungsi otak yang signifikan secara statistik di antara pria yang mengenakan dasi melalui tes scan MRI. Hasilnya menjelaskan bahwa penggunaan dasi yang terlalu ketat pengaruhi turunnya aliran darah sebanyak 7,5 persen.

Sementara itu, sumber lain menjelaskan, penurunan aliran darah belum diketahu jelas dampaknya apa. Namun, para ahli memperingatkan itu akan cukup berpengaruh pada fungsi kognitif.

Di lain sisi, temuan ini berkaitan dengan konsep pakaian kerja modern yang diperjuangkan oleh Mark Zuckerberg dan almarhum Steve Jobs. Mereka menjelaskan bahwa pakaian kerja tidak harus sesuatu yang sangat rapi dan ketat. Malah, kalau bisa sesuatu yang santai dan melar.

Lebih lanjut lagi, penurunan aliran darah sebetulnya berkaitan dengan berfungsinya neuron dan sel-sel yang ada di dalam otak. Ketika fungsi otak ini menurun, maka yang terjadi adalah tidak berfungsinya dengan baik sistem kerja otak dan tentu ini berkaitan dengan aktivitas sehari-hari Anda.

Terkait dengan penelitiannya, riset ini merekrut 30 pria muda, 15 di antaranya diberitahu untuk memakai dasi dan 15 di antaranya tidak mengenakan dasi. Dia mengamati otak masing-masing.

 BACA JUGA:

5 Kelakuan Pemain Sepakbola di Lapangan, Buang Hajat hingga Pegang Alat Kelamin Lawan!

Mereka yang memakai dasi diperintahkan untuk mengikatnya menjadi Full Windsor - satu sentuhan lebih dari formasi dasi sederhana - dan untuk menariknya dengan kencang. Hasilnya, tim peneliti melihat penurunan langsung aliran darah di otak!

Sementara itu, penelitian yang diterbitkan jurnal Stringer menjelaskan bahwa menggunakan dasi terlalu ketat memengaruhi kualitas mata Anda juga.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini