nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulit Kering karena Udara Panas? Coba Atasi dengan Air Mawar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 12:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 09 481 1919778 kulit-kering-karena-udara-panas-coba-atasi-dengan-air-mawar-xdvz1KzH4m.jpg Ilustrasi Kulit. (Foto: Stylecraze)

CUACA yang tidak menentu dengan suhu udara yang tidak stabil menyebabkan kondisi kulit tidak sehat. Masalah yang biasa terjadi adalah kulit kering dan ini menjadi faktor masalah kulit lainnya. Tentu hal ini bukan sesuatu yang baik.

Upaya melindungi kulit dari ketidakstabilan cuaca seperti sekarang perlu dilakukan semaksimal mungkin. Jika body lotion kurang berhasil, yang bisa Anda lakukan setelahnya adalah mengonsumsi air putih yang cukup dan juga bisa dengan mandi air mawar!

Perlu Anda ketahui, air mawar merupakan air wangi yang dibuat dari kelopak bunga mawar. Salah satu khasiat yang dimiliki air mawar ini adalah anti-peradangannya.

Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya


Kemudian, bagaimana cara membuat air mawar?

Bukan perkara sulit. Dilansir dari Times of India, cara membuat air mawar ini bisa Anda lakukan di rumah dan tidak membutuhkan banyak waktu membuatnya.

Hal yang pertama Anda lakukan yaitu belilah beberapa mawar yang sangat segar, lalu potong batangnya, dan mulai "melepaskan" kelopaknya. Anda perlu sadari, pilih mawar segar yang tumbuh secara organik, yang bebas pestisida atau bahan kimia apa pun.

Setelah itu, cuci kelopak agar kotoran yang menempel di sana bisa hilang. Kemudian masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air bersih.

Baca Juga: Berikut 5 Model Cantik Terkaya di Dunia

Tahap selanjutnya, Anda panaskan air terlebih dahulu. Sekarang tutup panci dan didihkan dengan api kecil selama sekitar 10-15 menit. Dalam proses ini, perhatikan bahwa kelopak-kelopak tersebut warnanya memudar. Hal ini menandakan bahan alami dalam mawar sudah larut dalam air didihan tersebut.

Setelah Anda melihat bahwa kelopak bunga sudah tak berwarna segar, matikan api dan saring airnya. Ada tambahan, Anda juga bisa meremas langsung kelopak mawar supaya semua khasiatnya larut. Biarkan air mawar itu dingin selama beberapa saat.

Lalu bagaimana penggunaan air mawar ini?

Sedikit informasi, air mawar ini dipercaya dapat membantu menenangkan iritasi kulit dan kondisi kulit seperti rosacea, eksim, dan bahkan kekeringan ekstrem. Selain itu, air mawar juga membantu dalam menjaga tingkat pH kulit.

Nah, untuk memanfaatkan air mawar sebagai pelindung pH kulit, Anda bisa menggunakannya sebagai air rendaman saat Anda mandi. Dengan rutin menggunakan air mawar ini, kulit Anda akan terasa lebih sehat, lebih kenyal, bahkan bisa terlihat lebih cerah.

Ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan air mawar sebagai toner wajah. Karena sifat anti-peradangan yang dimiliki air mawar, ini dipercaya mampu membunuh kuman bakteri yang menempel di wajah Anda dan jika dipakai rutin bisa membuat wajah lebih cerah dan noda bekas jerawat pun bisa hilang!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini