nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Menghindari Risiko Hipertensi di Usia Berapapun

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 14:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 09 481 1919867 5-cara-menghindari-risiko-hipertensi-di-usia-berapapun-Iv7zJz8Hs9.jpg Menghindari resiko hipertensi (Foto:Ist)

SAAT ini seseorang baik berusia tua atau muda rentan menderita hipertensi. Itu akibat dari mereka masih sering mengabaikan gaya hidup sehat, padahal wajib dilakukan.

Nah, Anda harus benar-benar mengontrol potensi terjadinya hipertensi agar tidak memicu bahaya buruk. Misalnya, hipertensi jadi salah satu faktor risiko seseorang mengalami penyakit kardiovaskular.

Jangan sampai kejadian terkena hipertensi jika tak ingin menerima dampak buruknya. Apalagi bagi orang dengan riwayat gangguan tekanan darah tinggi tersbut. Untuk itu, lakukan lima cara berikut untuk menghindari risiko tersebut, dilansir Everydayhealth, Senin (9/7/2018).

(Baca Juga: 5 Model Cantik Terkaya di Dunia)

(Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya)

1. Pertahankan berat badan yang sehat

 

Untuk mencegah hipertensi, hal utama yang harus dilakukan ialah menjaga berat badan supaya ideal. Khawatirnya, jika seseorang mengalami kelebihan berat badan sering memicu hipertensi. Ditambah kalau Anda makan sembarangan, seperti sulit menghindari junk food, soda, makanan kemasan, dan lain sebagainya.

2. Konsumsi makanan bernutrisi seimbang

Seseorang yang suka konsumsi makanan sehat dan bernutrisi dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Setiap hari, jangan lupa makan sayuran dan buah, serta asupan protein yang cukup dari daging sapi, ayam atau ikan. Jauhi makanan berkalori tinggi jika ingin menghindari potensi hipertensi. Alih-alih lakukan diet dash untuk mencegah tekanan darah tinggi.

3. Kurangi konsusmi makanan asin

Bagi banyak orang yang senang konsumsi makanan rendah sodium dapat membantu menjaga tekanan darah normal. Sementara itu, semakin tinggi asupan natrium, semakin tinggi tekanan darahnya. Maka Anda dapat mengurangi total asupan garamnya, dengan cara menghindari makanan awetan misalnya. Tak cukup itu, Anda juga harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung tinggi MSG karena selain bikin ketagihan, juga bisa sebabkan gangguan tekanan darah.

4. Berolahraga secara teratur

 

Bergerak untuk mencegah hipertensi itu penting. Maka setiap hari lakukan aktivitas fisik ringan untuk mencegah risiko tekanan darah tinggi. Paling tidak, dalam sehari lakukan olahraga yang ringan, seperti bersepeda, lari, gym, yoga, jalan cepat, dan sebagainya.

 

5. Batasi minuman beralkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Bagi wanita dan pria, batasi konsumsi minuman beralkohol setiap hari. Lebih baik, Anda pilih minum wine yang lebih bermanfaat. Salah satunya yakni bisa melindungi kesehatan jantung Anda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini