Sering Makan Sup Gurih Bisa Bikin Tubuh Langsing, Ini Buktinya

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 09 481 1919918 sering-makan-sup-gurih-bisa-bikin-tubuh-langsing-ini-buktinya-SQ6qpoNyfF.jpeg Sup ayam (Foto: Taste)

ANEKA olahan sup sering dimanfaatkan sebagai makanan pembuka saat santap siang atau malam hari. Tahukah Anda, seseorang yang gemar makan sup hangat tersebut bisa mengekang keinginan menyantap makanan utama dalam jumlah besar.

Dalam penemuan baru-baru ini, para ilmuwan telah melaporkan bahwa seseorang yang gemar makan sup untuk hidangan pembuka, bisa mengubah perilaku supaya lebih sering konsumsi berbagai pilihan makanan sehat.

Jika Anda berencana untuk mengurangi makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti mentega, krim, keju, dan daging, dengan cara makan sup bisa membantu. Karena sup pada umumnya bercitarasa gurih atau umami.

 (Baca Juga: 5 Model Cantik Terkaya di Dunia)

 

Komponen utama dari rasa umami itu biasanya terdiri dari glutamat, asam amino non-esensial yang ditemukan di hampir semua makanan. Termasuk dari produk olahan daging, ikan, hingga berbagai jenis produk susu alami.

“Banyak budaya di seluruh dunia mendukung makan sup berkaldu sebelum makan. Studi kami menunjukkan kemungkinan besar, seseorang yang gemar makan sup bisa mengurangi risiko obesitas," ujar Peneliti Senior Miguel Alonso dari Pusat Studi Kedokteran Gizi di Beth Israel Deaconess Medical Centre, dilansir Thehealthsite, Senin (9/7/2018).

Nah kaitannya, tambah Alonso, orang yang gemar makan sup berkaldu yang gurih itu bisa mengatur fokus otak saat makan. Ditambah lagi, sup berbahan dasar sayuran segar yang direbus sebentar. Makan satu mangkuk saja rasanya sudah kenyang, sehingga Anda tak ingin tambah makan lagi.

Sementara itu, sayuran jika dikonsumsi dengan teknik pengolahan yang tepat, kandungan nutrisinya mudah diserap oleh tubuh. Selain juga, dampak baiknya ialah bikin perut Anda jadi kenyang lebih lama. Maka tak heran, jika seseorang mengganjal perut dengan makan sup jadi lebih cepat kenyang, tapi kondisi perut tetap nyaman.

Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal Neuropsychopharmacology, yang membuka cara baru untuk mengajak orang jadi suka konsumsi makanan sehat daripada junk food.

 (Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya)

“Namun, di sini kami hanya mengevaluasi efek langsung dan dalam konteks laboratorium. Penelitian masa depan harus dilakukan lebih lanjut supaya orang makin percaya dan hasilnya akurat,” pungkas Alonso.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini