nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susu Kental Manis Ternyata Sudah Tinggi Gula Sejak Dulu, Ini Sejarah Singkatnya

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 14:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 10 298 1920348 susu-kental-manis-ternyata-sudah-tinggi-gula-sejak-dulu-ini-sejarah-singkatnya-W0bwBkug3a.jpg Susu kental manis (Foto: Finecooking)

PRODUK susu kental manis belakangan ini hangat diperbincangkan oleh banyak orang. Sebab produk tersebut dianggap mengandung tinggi gula yang berbahaya bagi kesehatan.

Terlepas dari itu, Anda tahu tahu sisi sejarah dari susu kental manis tersebut. Sejak lama rupanya produk tersebut populer di kalangan banyak orang.

Karena susu sebagian besar terdiri dari air, laktosa dan kandungan proteinnya yang cepat basi jika tak segera dikonsumsi, membuat banyak orang ingin mengawetkan bahan tersebut. Salah satunya ialah menjadikan susu kental manis, kemudian dikemas dalam kaleng yang aman agar tidak terkontaminasi udara.

Baca juga: Para Polwan Cantik dari Berbagai Belahan Dunia, Kamu Pilih Ditangkap yang Mana?

Tentunya susu dikentalkan bersama gula, kemudian disterilkan agar susu awet. Kemudian, produk tersebut bisa dikonsumsi dengan cara layak dan terbukti aman.

 

Nah untuk namanya, susu kental manis dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan sweetened condensed milk. Namanya dipatenkan oleh penduduk Inggris di tahun 1835.

Kemudian Gail Borden, sosok guru dan surveyor tanah mencoba mengemas susu kental manis ke dalam kaleng kecil. Dia memulai proses pengalengan susu kental manis itu pada tahun 1856.

Rupanya pada musim gugur tahun 1861, Departemen Komisaris memesan 500 kilogram susu kental manis pertama dari sebuah perusahaan ternama di New York, Amerika Serikat. Di situ, Borden ikut campur tangan memproduksi susu kental manis kalengan.

Karena dipesan dalam jumlah besar dan diminati banyak orang, akhirnya di tahun 1899 sebanyak 24 perusahaan susu kental manis naik daun. Di Eropa misalnya, orang semakin gemar konsumsi produk kalengan tersebut.

Perusahaan susu kental manis maju pesat setelah pembentukan Perusahaan Susu Kental Anglo Swiss pada tahun 1865. Dari situlah perdagangan ekspor produk tersebut digalakkan.

Di samping itu, susu kental manis harga jualnya jauh lebih murah daripada susu segar. Karenanya, banyak orang menyukai karena tidak perlu merogoh kocek dalam.

Sejak saat itu, produk susu kental manis semakin populer di dunia. Banyak negara yang berani membuat pabriknya. Karena bisnisnya menjanjikan dan orang dari berbagai kalangan meminati produk tersebut. Sejak lama bahkan produk tersebut biasanya dikonsumsi sebagai pelengkap makanan atau topping makanan.

Namun banyak masyarakat kini salah kaprah dalam mengonsumsi susu kental manis. Tak jarang banyak kaum ibu mengandalkan susu kental manis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, yang diseduh langsung di dalam gelas dengan air panas.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan, hingga para ahli gizi melarang bahwa Anda mengonsumsi susu kental manis menjadi segelas minuman. Belum lagi banyak iklan yang beredar bahwa susu kental manis mengandung banyak nutrisi alami dari susu yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak.

 Baca juga: 5 Kelakuan Pemain Sepakbola di Lapangan, Buang Hajat hingga Pegang Alat Kelamin Lawan!

Karenanya, Anda harus bijak mengonsumsi susu kental manis supaya tidak memicu efek samping yang merugikan. Demikian dilansir Beveragehistory, Selasa (10/7/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini