nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Diseduh, di Luar Negeri Susu Kental Manis Sering Dibuat Jadi Hidangan Ini Lho

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 20:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 10 298 1920465 bukan-diseduh-di-luar-negeri-susu-kental-manis-sering-dibuat-jadi-hidangan-ini-lho-nh3YeXeqU7.jpeg Salad susu (Foto: Thespruce)

PRODUK susu kental manis, belakangan ini sedang ramai menjadi pembicaraan di mana-mana. Hal ini kurang lebih disebabkan karena adanya polemik yang bergulir di tengah masyarakat, perihal bahwa susu kental manis adalah bukan merupakan produk yang dikonsumsi untuk memenuhi asupan gizi namun lebih kepada sebagai pelengkap hidangan.

Tidak bisa disangkal, selama ini dalam pemakaiannya, susu kental manis akrab di tengah masyarakat dinikmati sebagai segelas susu panas dengan cara diseduh air panas atau air hangat.

Padahal, alih-alih dinikmati sebagai layaknya segelas susu segar, masih banyak cara menikmati tetesan susu kental manis ini. Seperti yang menjadi kebiasaan makan di luar negeri. Bahkan di negara lain susu kental manis sudah diberi label "cook with" yang mana sudah jelas kegunaannya untuk campuran dan bukan untuk diminum langsung.

Lebih lanjut, Kepala Badan POM, Penny Lukito menegaskan bila pihaknya telah membuat peraturan tentang manfaat dan kandungan nutrisi SKM sesuai dengan standar internasional dan menjadi kesepakatan dengan pelaku usaha.

"Susu kental manis merupakan produk yang mengandung susu yang diperuntukkan sebagai pelengkap sajian. Jadi bukan produk susu yang digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan asupan gizi apalagi pengganti ASI terutama pada bayi," ujarnya saat ditemui di Kantor Badan POM, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Misalnya dengan pemberian label khusus pada kemasan susu kental manis, setidaknya masyarakat tak lagi salah paham bahwa susu kental tersebut kegunaanya memang untuk tambahan makanan dan bukan lagi pemenuh gizi harian.

Baca juga: Para Polwan Cantik dari Berbagai Belahan Dunia, Kamu Pilih Ditangkap yang Mana?

Nah, seperti apa sih cara menikmati tetesan susu kental manis yang lezat ini namun tidak diolah dengan cara diseduh saja? Melansir Bonappetit, Selasa (10/7/2018) berikut ulasan pilihan cara menikmati susu kental manis dengan cara yang lebih beragam.

Tambahan cita rasa minuman kopi atau teh 

Agar tidak jenuh dalam menikmati secangkir kopi atau teh, boleh loh sesekali kita mengganti susu skim dengan susu kental manis sebagai campuran minuman kopi atau teh agar jadi minuman yang lebih ‘mewah’. Contohnya, susu kental manis bisa menjadi krim penawar yang ideal untuk segelas es kopi Vietnam, atau bisa juga untuk memperkaya cita rasa es teh hitam untuk es teh bergaya ala teh Thailand.

Bahan pelengkap saat membuat kue atau roti (baking)

Jangan merasa aneh dulu, susu kental manis itu disebutkan memiliki kondisi yang membuatnya sangat enak untuk dipanggang. Kandungan proteinnya masuk sempurna ke lapisan roti atau kue yang dipanggang, apalagi mengingat rasa creamy adalah rasa yang esensial untuk olahan seperti fudge atau karamel. Rasa manis dari susu kental manis juga disebutkan ideal untuk dihadirkan di kue seperti macaroons kelapa.

Mengubah yang manis jadi gurih

Di Amerika, susu kental manis sering jadi campuran hidangan penutup alias dessert yang bisa menyeimbangkan rasa, dari yang manis menjadi gurih. Seperti sajian pancake bacon yang diberi topping susu kental manis. Coba saja, menambahkan satu hingga dua sendok makan susu kental manis ini ke dalam bumbu marinasi daging ayam atau daging babi, sebagaimana biasanya gula pasir digunakan sebagai salah satu komponen untuk bumbu marinasi daging. Susu kental manis juga berpadu sempurna dengan sajian olahan kelapa, terutama marinasi manis khas gaya hidangan Asia, seperti kelapa bakar atau satai daging.

 Baca juga: 5 Kelakuan Pemain Sepakbola di Lapangan, Buang Hajat hingga Pegang Alat Kelamin Lawan!

Tambahan bahan es krim

 

Sebagai tambahan saus untuk es krim,susu kental manis bisa jadi trik sederhana untuk membuat es krim seperti di Jepang yang punya rasa asam dan segar. Apalagi jika es krim yang disantap ada es krim rumahan buatan sendiri, terutama yang dibuat dengan tidak menggunakan base bukan susu, seperti es krim jagung manis berbasis santan.

Dituang ke buah

 

Tidak mau repot? Tuangkan saja tetesan susu kental manis ke dalam potongan buah alpukat yang sudah siap digiling di blender untuk menjadi minuman jus. Atau bisa juga dibuat sebagai makanan penutup khas musim panas, dengan menuangkan satu sendok susu kental manis sebagai saus dari potongan aneka buah segar, seperti aprikot dan peach yang bisa disantap segar atau dipanggang di dalam oven berapi kecil sehingga buahnya menjadi terkaramelisasi, terakhir bisa juga dituangkan di atas roti panggang selai kacang. Hidangan salad ini cukup populer sebagai salad buah Filipino Style alias khas Filipina.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini