Kampung Tenun Warna Warni, Destinasi Wisata Baubau yang Instagramable

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 11:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 10 406 1920290 kampung-tenun-warna-warni-destinasi-wisata-baubau-yang-instagramable-gJriEbhuCN.jpg Masyarakat Baubau dan kain tenun Buton

BAUBAU - Selain pesona pantai, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara kini punya destinasi wisata baru. Kampung Tenun Warna-Warni namanya, berada di Desa Sulaa, Kota Baubau yang baru diresmikan akhir bulan lalu.

Desa Sulaa merupakan kawasan pesisir. Sebanyak 107 rumah, 50 mural serta puluhan perahu di sana, telah dicat warna-warni demi menyukseskan destinasi wisata Kampung Tenun Warna Warni Ini.

BACA JUGA: Viral Dokter Cantik yang Buat Pria Mabuk Kepayang, Penasaran Kan?

Ilustrasi, Shutterstock 

"Mengemas desa nelayan di pinggir pantai Sulaa menjadi destinasi wisata kampung tenun memerlukan pendekatan kreatif yang diminati oleh wisatawan masa kini," kata Direktur Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso, penggagas destinasi wisata Kampung Tenun Warna Warni.

Wisatawan yang datang ke Kampung Tenun Warna–Warni memiliki kesempatan untuk menikmati pemandangan pantai yang indah, berswafoto di rumah adat atau di depan mural yang unik, kemudian dilanjutkan berbelanja tenun Buton, semua kegiatan wisata tersebut dapat dilakukan di satu kampung wisata.

Menurut catatan sejarah, tenun Buton sudah diperdagangkan sejak abad ke-14, dan keindahan warna dan coraknya tetap digemari hingga sekarang. Cara menenun tradisional juga merupakan daya tarik menawan. Tercatat, tahun lalu Bank Indonesia telah bekerjasama dengan Dekranasda kota Baubau memfasilitasi galeri tenun Sulaa yang menampilkan beragam koleksi tenun khas Buton.

Ilustrasi

BACA JUGA: Unik, Gaya Rambut dengan Tema Piala Dunia 2018

Kekayaan budaya Buton lainnya adalah arsitektur asli rumah adat Banua Tada. Rumah panggung ini memiliki tiang penyangga, lantai, dinding dan rangka yang terbuat dari kayu.

Peresmian Kampung Tenun Warna Warni ini turut dihadiri oleh Sultan Buton H. La Ode Muhammad Djafar SH dan (Pj) Walikota Baubau Dr Ir Hado Hasina MT.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini