nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jembatan Kaca di Wisata Religi Patung Yesus Buntu Burake Toraja Retak, Padahal Belum Dipakai

Jufri Tonapa, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 10 406 1920360 jembatan-kaca-di-wisata-religi-patung-yesus-buntu-burake-toraja-retak-padahal-belum-dipakai-ywijdxAoKW.jpg Patung Yesus Buntu Burake (Foto: Jufri/Okezone)

DESTINASI wisata milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja makin dikenal wisatawan mancanegara dan nusantara.

Salah satunya kawasan Wisata Religi Patung Yesus Buntu Burake yang berada di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Namun sayang, belum terpakai sejak dimulai pengerjaan pada bulan Agustus 2017, kaca sebagai pengalas kaki di jembatan kaca patung yesus buntu burake itu sudah retak.

Pantauan Okezone, di lokasi kawasan objek wisata religi tersebut, jembatan kaca kini telah dijaga ketat oleh aparat Kepolisian, TNI dan Satpol PP.

"Memang benar di objek tersebut ada kaca yang retak dan itu hanya satu, sudah saya perintahkan kontraktornya untuk secepatnya ganti yang baru dalam waktu dekat ini," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tana Toraja, Y.D. Pamara, Selasa (10/7/2018).

Dia mengatakan, jembatan kaca yang ada di objek wisata andalan Pemkab Tana Toraja tersebut masih dalam tahap pemeliharaan makanya belum difungsikan.

Jembatan Kaca Toraja

Jembatan ini diklaim satu-satunya jembatan kaca di Sulawesi Selatan, dan indonesia dengan panjang 90 meter yang ditargerkan rampung pada Januari 2018 lalu.

Proyek pengerjaan jembatan kaca yang dibangun berbulan-bulan dan belum difungsikan itu menelan biaya 4 Miliar yang dirancang oleh PT Mari Bangun Persada.

Seperti yang dikatakan PPK Dinas PUPR Tana Toraja, Adisti Widya Sari bahwa kaca yang di datangkan dari Surabaya dan ber-SNI itu sudah uji coba kontraktornya dan diketahui kaca mempunyai tiga lapisan.

Belum diketahui pasti penyebab jembatan kaca retak di objek wisata tersebut.

Keluhan warga

Pasca Retaknya Jembatan Kaca di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, kini dikeluhkan warga, pasalnya beberapa hari yang lalu Jembatan kaca yang kian tenar itu retak.

Retaknya kaca tersebut membuat warga toraja, khususnya Tana Toraja mengeluhkan pekerjaan jembatan kaca yang tak kunjung diresmikan tersebut, dan terkesan asal-asalan.

"Mengerikan. harus di test ulang itu kaca sampai diyakini tingkat keamanannya baru di operasikan." tegas Martinus, warga Makale, Selasa (10/7/2018).

Dia menambahkan bahwa ini bukan soal uang tapi nyawa manusia. jangan asal sembarang membuat tanpa ada pengamanan ekstra jika terjadi sesuatu.

"Ini soal nyawa orang. Dan harus ada pengamanan ekstra dibawa kaca seperti jaring bila ada kecelakaan." tambahnya.

Jembatan Kaca Toraja

Sebelumnya diberitakan bahwa kaca yang retak di Jembatan Kaca Burake itu dibenarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tana Toraja.

"Memang benar di objek tersebut ada kaca yang retak dan itu hanya satu, sudah saya perintahkan kontraktornya untuk secepatnya ganti yang baru dalam waktu dekat ini," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tana Toraja, YD Pamara, Selasa (10/7/2018). (UP/IU)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini