Demam Piala Dunia, Merchandise Putin Diburu Wisatawan Mancanegara di Rusia

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 17:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 10 406 1920497 demam-piala-dunia-merchandise-putin-diburu-wisatawan-mancanegara-di-rusia-d1HE7xZriG.jpg Hanna Farhana

BERBAGAI suvenir Piala Dunia 2018 laris maniari kaos, jaket, hoodie, jumper, gantungan kunci, boneka maskot, hingga uang Rubel kertas edisi khusus dikoleksi jutaan orang yang datang ke Rusia untuk menyaksikan event akbar ini.

Namun, selain merchandise tersebut banyak suvenir yang diincar oleh wisatawan, yakni yang bergambar Presiden Vladimir Putin. Memang banyak sekali barang bergambar pria nomor satu di Rusia ini yang bisa dijadikan oleh-oleh. Ada mug, kaus, jaket, magnet, tank-top, casing handphone, dan lainnya.

BACA JUGA: Viral Dokter Cantik yang Buat Pria Mabuk Kepayang, Penasaran Kan?

Suvenir Putin ini bukan hanya dijual di toko oleh-oleh saja, juga di sejumlah outlet besar, seperti toko baju umum. “Banyak ditemukan (baju) kerena banyak yang mencari untuk beli,” ujar Resa, pegawai toko di kawasan Nevsky, Saint Petersburg. Kaus dan tank-top menjadi favorit, tapi banyak juga yang membeli mug.

“Untuk turis mancanegara yang datang dari jauh, mug berisiko karena bisa pecah di dalam koper. Mereka lebih memilih kaus, lagi pula bisa langsung dipakai,” ujar Resa.

Pesona Putin memang luar biasa sehingga banyak merchandise-nya yang diburu wisatawan. Ji, turis dari Hong Kong, mengatakan bahwa sahabatnya sengaja memesan kaus dengan foto sang presiden.

“Biasanya jika saya travelling dia bakal memesan jersey klub sepak bola lokal tapi ketika tahu saya ke Rusia dia pesan kaus Putin,” ungkapnya yang bakal menyaksikan laga semifinal Piala Dunia Prancis versus Belgia di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg itu.

BACA JUGA: Unik, Gaya Rambut dengan Tema Piala Dunia 2018

Selain itu, pemuja sepak bola yang datang ke Rusia juga memburu uang kertas edisi khusus Piala Dunia 2018. Bank Sentral Rusia mengeluarkan uang tersebut dengan berbahan polymer, sehingga terlihat sangat eksklusif. “Saya punya satu, diberi oleh kawan. Sekarang saya mencarinya lagi, dan semoga bisa dapat,” ujar Carla, pendukung Meksiko yang masih berada di Rusia, meski El Tri –julukan timnas Meksiko – sudah angkat kaki.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini