Berapa Lama Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang? Ketahui Juga Manfaatnya

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 10 481 1920264 berapa-lama-waktu-yang-tepat-untuk-tidur-siang-ketahui-juga-manfaatnya-8dZrbdp8r6.jpg Tidur siang di kantor (Foto: WTOP)

BILA Anda diserang rasa kantuk di siang hari tentu dapat menunda untuk menyelesaikan pekerjaan. Idealnya, tidur siang 30 menit bisa mengembalikan kondisi tubuh jadi lebih segar.

Namun, banyak orang mengabaikan jam tidur siang, apalagi bagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan. Tak heran jika di siang hari Anda tiba-tiba loyo dan semangat menurun.

Dilansir Timesofindia, Selasa (10/7/2018), studi yang dilakukan oleh Asisten Profesor Psikologi di University of Pennsylvania Philip Gehrman, PhD menyebutkan, manfaat dari tidur siang tidak hanya dapat membantu Anda menghilangkan rasa kantuk. Tapi bisa meningkatkan kinerja, kreativitas, dan suasana hati Anda.

 Baca juga: Bukti Pria Tak Bisa Menolak Keindahan Wanita, Bahkan Obama hingga Thor Saja Terciduk!

Di samping itu, para peneliti percaya bahwa seseorang yang terbiasa tidur siang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dalam jangka panjang juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Tapi ada penelitian lain yang juga menyebuatkan bahwa hampir 50% orang tidak mendapat manfaat dari tidur siang ini. Orang-orang tersebut biasanya mengalami gangguan ritme sirkadian monophasic. Pada dasarnya tubuh mereka tidak dapat merespon siklus terang dan gelap. Tubuhnya jadi tidak mengerti kapan siang dan malam, yang waktunya sebenarnya berharga dipakai istirahat sejenak.

Adapun durasi waktu tidur siang yang ideal ialah sekira 15-30 menit. Cara ini ampuh melawan rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan usai tidur siang sejenak.

Tetapi jika Anda merasa badmood dan terasa sangat lelah, paling tidak menambah jam tidur untuk menghilangkan rasa penat. Oleh para peneliti, Anda dianjurkan untuk tidur siang selama 90 menit. Tentunya ini juga tambah nikmat jika Anda tidur di atas ranjang.

Meski sebentar yang penting tubuh Anda istirahat sejak dari aktivitas. Jika kurang dari waktu yang disarankan itu, tak pelak jika Anda mengalami gangguan kecemasan dan tidur jadi tak nyenyak.

Baca juga: 5 Kelakuan Pemain Sepakbola di Lapangan, Buang Hajat hingga Pegang Alat Kelamin Lawan!

Agar lebih nyenyak, para peneliti juga berpendapat bahwa berolahraga sebelum tidur baik dilakukan. Sebab kegiatan tersebut dapat merangsang otak dengan baik. Jika ingin melakukannya, beri jeda sekira dua jam agar tidak memicu gangguan kesehatan. Selamat mencoba!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini