nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kopi Bisa Membantu Sadar dari Mabuk, Mitos atau Fakta?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 10 481 1920399 kopi-bisa-membantu-sadar-dari-mabuk-mitos-atau-fakta-8BRSWxE8XP.jpg Kopi bisa menyadarkan mabuk (Foto:Thefix)

KAFEIN sudah dikenal umum sebagai bahan minuman yang mampu membuat terjaga sepanjang malam. Banyak dari masyarakat di dunia juga menggunakan kafein untuk melawan efek mabuk yang disebabkan oleh minuman keras agar cepat sober alias siuman.

Meski berharap kafein dapat membuat kita tersadar dari mabuk, ternyata penelitian mengungkap hal sebaliknya. Dalam program Food Unwrapped, Profesor Tony Moss dari London South Bank University menuturkan, kopi dan kafein tidak mampu membantu menurunkan kadar alkohol dalam darah.

Alih-alih tersadar, seluruh kemampuan motorik Anda malah tetap merasakan dampak dari alkohol. Untuk membuktikan teori itu, Moss melakukan uji coba terhadap lima orang pelajar yang diminta meminum vodka dan tonik yang mengandung alkohol sesuai takaran berat dan tinggi badan mereka.

Setelah menenggak alkohol, kelima pelajar itu diminta melakukan tes yang tentu saja gagal. Kelima pelajar itu lalu diminta meminum kopi dalam takaran yang cukup kuat. Hasilnya, mereka merasa lebih terjaga dan waspada tetapi kembali gagal dalam melalukan tes alkohol.

(Baca Juga: Para Polwan Cantik dari Berbagai Belahan Dunia, Kamu Pilih Ditangkap yang Mana?)

(Baca Juga: Bukti Pria Tak Bisa Menolak Keindahan Wanita, Bahkan Obama hingga Thor Saja Terciduk!)

Profesor Tony Moss juga menguji coba kadar alkohol dalam darah lewat tes ukur nafas atau breathalyser. Hasilnya kadar alkohol dalam darah mereka tidak berubah bahkan setelah meminum kopi. Satu-satunya cara terbaik untuk segera sadar dari mabuk adalah membiarkannya seiring waktu alias bersabar.

“Dari uji coba itu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kopi bukan antidot dari alkohol. Meminum kopi menjadi semacam stimulan yang akan membalikkan semua perasaan lelah karena kadar alkohol dalam darah menurun. Satu-satunya cara untuk sadar adalah menunggu,” urai Profesor Tony Moss, melansir dari Independent, Selasa (10/7/2018).

Uji coba tersebut didukung oleh fakta dari studi yang dilakukan terhadap tikus pada 2009. Sejumlah ekor tikus diberi alkohol yang diikuti oleh kopi dengan takaran sesuai delapan cangkir pada manusia dewasa. Usai minum kopi, tikus-tikus itu menjadi lebih waspada, tetapi tidak sepenuhnya sadar dari mabuk.

Meski demikian, masih ada cara sehat untuk membuat Anda cepat sadar dari mabuk. Ahli nutrisi, Harley Street mengatakan, saat mabuk tubuh Anda akan mengalami dehidrasi sehingga air putih dapat membantu mengembalikan cairan yang hilang. Anda juga bisa meminum smoothie atau semangkuk bubur kacang dan buah berry.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini