nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kain Nusantara Ini Disukai Warga Australia, Motifnya Bikin Jatuh Cinta!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 11:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 11 194 1920763 4-kain-nusantara-ini-disukai-warga-australia-motifnya-bikin-jatuh-cinta-o63YdelI7A.jpg Kain Tradisional (Okezone)

INDONESIA kaya akan kain. Tidak bisa dipungkiri, setiap wilayah sepertinya punya kain khas yang menjadi kebanggaan sekaligus menjadi buah tangan para wisatawan.

Mungin Anda mengenal kain tenun, batik, songket, atau kain lurik. Semua kain-kain tersebut mewakili wilayah yang ada di Indonesia dan macam serta jenisnya pun beragam. Sepertinya, butuh waktu lama sampai Anda bisa mengumpulkan semuanya. Sebagai bagian dari bangsa ini, tentu kita patut berbangga diri.

 Baca juga: 5 Pasukan Timnas Prancis yang Merupakan Seorang Muslim

Nah, bicara mengenai kecintaan akan kain nusantara ini, ternyata tak hanya bangsa Indonesia yang menyukai wastra Nusantara. Bangsa tetangga kita, Australia, ternyata juga menyukai bahkan mencintai karya tangan asli orang Indonesia ini.

Bahkan, tak sedikit dari mereka yang kemudian menjadi kolektor kain Indonesia. Salah satunya Dr. John Yu. Sudah sejak tahun 1970-an dia mengumpulkan kain nusantara, hingga akhirnya kini dia telah memiliki sekitar 1.000 jenis kain dari beberapa wilayah di Indonesia.

"Saya sangat kagum dengan kain Indonesia. Tekniknya yang luar biasa, warnanya yang sangat indah, pun motifnya yang cantik, tentu membuat siapa pun bakal jatuh cinta," terangnya saat ditemui di Museum Tekstil Jakarta.

 Baca juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

Secara khusus, Dr Yu coba menjelaskan bahwa dari banyaknya kain yang dimiliki Indonesia, ternyata warga Australia punya 4 kain yang paling diminati. Apa saja itu?

1. Kain Sumba

 Kain Sumba (IndonesiaTravel)

"Berdasar pengamatan saya, banyak warga Australia yang menyukai kain yang satu ini. Salah satu alasannya adalah kain ini memiliki motif yang sangat cantik dan tentunya warnanya sangat indah," ungkap Dr Yu.

2. Kain Bali

 Kain Bali (Okezone)

Karena banyak orang Australia yang mengunjungi Bali, tentunya kain asal tanah dewata itu menjadi incaran banyak warga Australia. Selain karena motifnya yang bagus, kain Bali dianggap sebagai salah satu kain terbaik karena bahan dan sejarah di belakangnya. Hal ini yang membuat warga Australia mengapresiasi kain Bali.

 Baca juga: Intip Gaya Manja Pemilik Kedai Bakmi Janda Jamilla Juminten, Siap-Siap Didoooor!

3. Batik

 Batik (Okezone)

Banyak juga warga Australia yang menyukai kain batik. Kain ini cukup terkenal di Australia, tetapj warga Australia tidak mengenal betul beragamnya motif batik. Mereka sekadar menyukai motif dan warnanya. Belum menyukai kain batik lebih dari penampakan visualnya.

4. Kain Lawon

 kain lawon (Susijohnston)

Warga Australia juga cukup tertarik dengan kain lawon. Salah satu yang paling diincar adalah kain lawon yang memiliki motif berupa lukisan abstrak. Kain ini dianggap sangat menarik oleh warga Australia dan itu juga alasannya kenapa kain ini banyak dicari warga Australia.

Sementara itu, sedikit informasi saja bahwa di Australia ternyata ada yang menjual kain Nusantara. Salah satu tempat yang paling banyak diincar untuk menemukan wastra Nusantara ialah di Bonhams atau ini merupakan balai lelang. Tak hanya di situ, warga Australia biasa membeli kain Nusantara di negaranya melalui event yang kerap diselenggarakan di sana.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini