Cara Membersihkan Kacamata Tanpa Bikin Lensa Tergores

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 11 194 1920922 cara-membersihkan-kacamata-tanpa-bikin-lensa-tergores-LK8sRgulUa.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KACAMATA sekarang ini tak hanya digunakan sebagai alat bantu penglihatan. Banyak pula orang yang memakainya untuk alasan lain. Ada yang karena ingin melindungi mata dari paparan sinar matahari, ada pula yang memakainya hanya untuk sekadar bergaya.

Maka dari itu, sekarang ini banyak produsen yang mengeluarkan koleksi kacamata dengan beragam desain dan kegunaan. Apapun tujuannya, selalu ingat untuk menjaga kebersihan kacamata. Hal ini menjadi penting karena kacamata bisa juga menjadi sarang bakteri dan kuman. Tidak menutup kemungkinan bakteri dan kuman tersebut dapat menginfeksi organ di sekitar kacamata seperti hidung dan mata.

 (Baca Juga:5 Pasukan Timnas Prancis yang Merupakan Seorang Muslim)

Ya, tak bisa dipungkiri selama ini kebanyakan orang membersihkan kacamata agar penglihatannya menjadi lebih jelas. Padahal lebih dari itu, ada kondisi kesehatan yang harus diperhatikan sehingga membersihkannya tidak boleh asal. Melansir GoodHousekeeping, Rabu (11/7/2018), inilah cara membersihkan kacamata dengan benar tanpa meninggalkan jejak goresan:

1. Bilas lensa dengan air hangat

Langkah pertama untuk membersihkan kacamata adalah membilas lensa dengan air hangat. Kemudian bersihkan dengan sabun atau cairan pembersih lainnya. Terakhir bilas kembali lensa dengan air hangat untuk menghilangkan noda sisa sabun.

 (Baca Juga:Cantiknya 5 WAGs Pesepakbola Muslim Prancis)


2. Keringkan lensa dengan kain mikrofiber

Setelah selesai membersihkan lensa, keringkan dengan kain mikrofiber atau kain dengan permukaan lembut. Ini adalah cara untuk menghindari permukaan lensa tergores saat menyerap air.

3. Gunakan cairan antiseptik

Untuk membunuh bakteri dan kuman di bagian telinga dan hidung, gunakan cairan antiseptik di sepanjang bingkai kacamata. Pastikan semua sisinya dibersihkan dengan baik.

Langkah membersihkan kacamata di atas mungkin dapat dengan mudah dilakukan di waktu senggang. Namun bagi mereka yang sedang terburu-buru, ada pula cara cepat yang bisa dilakukan untuk membersihkan kacamata. Cukup sediakan tisu yang dirancang khusus untuk membersihkan kacamata.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini