nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Fakta Ratu Elizabeth yang Tidak Diketahui, Salah Satunya Tak Miliki Paspor!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 06:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 11 196 1920630 10-fakta-ratu-elizabeth-yang-mungkin-tak-kamu-tahu-dia-gak-paspor-loh-cbSrt3Otu1.jpg Ratu Elizabeth. (Foto: Reuters)

POPULARITAS Ratu Inggris, Elizabeth II, tidak perlu diragukan lagi. Meski demikian, ada beberapa fakta unik dan menarik mengenai perempuan berusia 92 tahun itu yang tidak banyak diketahui publik. Sebab, kehidupan keluarga Kerajaan Inggris memang tertutup dari konsumsi masyarakat umum.

Sang Ratu boleh saja bertahta selama 66 tahun, tetapi ia sangat jarang memberikan wawancara eksklusif kepada media. Akhirnya, tidak banyak orang yang tahu seperti apa kehidupan Ratu Elizabeth II di luar tugas sebagai kepala negara.

Berikut fakta-fakta menarik mengenai Ratu Elizabeth II, dilansir dari Independent, Rabu (11/7/2018).

Baca Juga: 5 Kelakuan Pemain Sepakbola di Lapangan, Buang Hajat hingga Pegang Alat Kelamin Lawan!


1. Bukan orang terkaya di Inggris

Anda salah kalau berpikir Ratu Elizabeth II adalah orang terkaya di Inggris Raya. Meski ditaksir memiliki harta senilai 340 juta poundsterling, namanya sama sekali tidak pernah masuk dalam daftar 300 orang terkaya di Inggris dalam dua tahun terakhir. Predikat tersebut disandang oleh Jim Ratcliffe yang memiliki harta senilai 21 miliar poundsterling.

2. Muncul dalam ratusan film dan serial televisi

Ratu Elizabeth II sudah diperankan oleh berbagai aktris dan muncul dalam ratusan film serta serial televisi. Beberapa aktris yang pernah memerankannya adalah Claire Foy dan Helen Mirren.

3. Minum segelas sampanye sebelum tidur

Menurut sepupunya, Margaret Rhodes, Ratu Elizabeth II rutin meminum gin dan Dubonnet sebelum makan siang serta segelas wine setelah makan. Ia juga rutin minum dry martini serta segelas sampanye sebelum tidur. Jika ditotal, ia minum enam jenis alkohol berbeda dalam satu hari.

Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

4. Tidak punya paspor

Anda yang sering bepergian ke luar negeri pasti harus memiliki paspor. Tetapi tidak demikian halnya dengan Sang Ratu karena paspor Inggris biasa dikeluarkan atas namanya. Menariknya, keluarga Kerajaan Inggris lain punya paspor, termasuk sang pewaris tahta Pangeran Charles.

5. Dua kali berulang tahun

Secara resmi, Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926. Namun, hari ulang tahun Sri Ratu baru diperingati oleh masyarakat Inggris dalam tradisi Trooping the Colour yang biasa dilakukan pada Juni dan sudah menjadi tradisi sejak 1748.

6. 13 Perdana Menteri Inggris

Selama 66 tahun, masyarakat Inggris hanya dipimpin satu orang ratu, tetapi sudah melihat adanya 13 orang Perdana Menteri (PM). Mulai dari Sir Winston Churchill hingga Theresa May, semua diangkat oleh Ratu Elizabeth II sebagai kepala pemerintahan Inggris.

7. Penggemar berat Arsenal

Seperti kebanyakan warga Inggris, Ratu Elizabeth II juga gemar sepakbola dan punya klub favorit, yakni Arsenal. Fakta tersebut diungkap oleh Ketua Partai Buruh, Jeremy Corbyn, saat berpidato di House of Commons – DPRnya Inggris pada 2016. Selain Corbyn, mantan gelandang Arsenal, Francesc Fabregas, juga mengatakan Ratu Elizabeth II mengaku mendukung tim berjuluk Gudang Peluru itu dalam sebuah acara di Istana Buckingham pada 2007.

8. Fasih berbahasa Prancis

Selama 66 tahun, Ratu Elizabeth II sudah tentu sering berkelana ke berbagai negara. Fakta menarik terungkap saat berkunjung ke Prancis. Ia ternyata sangat fasih berbahasa Prancis yang terkenal sulit itu.

9. Menyambut 50 ribu orang tamu setiap tahun

Agenda resmi Kerajaan Inggris dalam satu tahun sangat padat. Ratu Elizabeth II bisa menyambut hingga 50 ribu orang tamu yang berkunjung ke Istana Buckingham setiap tahun. Tentu sulit untuk menghapal satu per satu nama dan wajah para tamu.

10. Menikah selama 70 tahun

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip baru saja merayakan ulang tahun pernikahan ke-70 pada November 2016. Keduanya menikah di Kastil Windsor pada 20 November 1946

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini