6 Momen yang Tak Tepat Mengecek Handphone, Jangan Dibiasakan Ya!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 13:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 11 196 1920776 6-momen-yang-tak-tepat-mengecek-handphone-jangan-dibiasakan-ya-XIu85p2NMm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBUAH studi belum lama ini mengungkapkan kalau generasi milenial bisa mengecek telepon seluler (ponsel) pintar mereka hingga 150 kali dalam sehari. Baru bangun tidur, jelang memejamkan mata, setelah mandi, dan setelah berkendara, pokoknya tangan gatal kalau tidak mengecek layar ponsel.

Padahal, rutin mengecek ponsel sesungguhnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Melansir dari Times of India, Rabu (11/7/2018), berikut waktu-waktu yang buruk untuk mengecek ponsel menurut studi yang dilakukan di Inggris.

Bangun tidur di pagi hari

Gawai sudah sulit dipisahkan dari hidup manusia modern. Hampir pasti ketika terbangun di pagi hari, Anda akan mengecek ponsel. Menurut mantan orang dalam Google, Tristan Harris, kebiasaan tersebut bisa merusak aktivitas Anda dalam satu hari penuh. Sebuah studi Inggris mengatakan, mengecek ponsel di pagi hari dapat membuat Anda lebih khawatir, tertekan, dan tidak bahagia.

Baca Juga: 5 Pasukan Timnas Prancis yang Merupakan Seorang Muslim

Sebelum bekerja

Sebelum melakukan pekerjaan, meeting misalnya, seseorang akan cenderung mengecek ponselnya. Menurut seorang CEO di Amerika Serikat (AS), Deborah Sweeney, mengecek ponsel sebelum bekerja sesungguhnya dapat mengganggu produktivitas seseorang dalam sehari.

Saat mengerjakan tugas

Terkadang di tengah-tengah mengerjakan tugas yang butuh konsentrasi tinggi, perhatian kita terpecah oleh bunyi ponsel. Celakanya, kita pasti akan mengecek ponsel. Meski hanya beberapa menit, kebiasaan itu akan mengganggu fokus. Percayalah, daya konsentrasi kita akan berubah dari sebelum hingga sesudah mengecek ponsel saat bekerja.

Baca Juga: Cantiknya 5 WAGs Pesepakbola Muslim Prancis

Saat membaca

Membaca adalah kegiatan yang dapat membuat Anda rileks dan mendorong peningkatan aktivitas otak. Tetapi, terkadang kita juga sering menyela bacaan dengan mengecek ponsel. Hal tersebut akan mengganggu otak yang memproses informasi dari bahan bacaan. Tentu saja kebiasaan itu sangat tidak bermanfaat.

Sebelum tidur

Kerlip layar ponsel adalah musuh bagi mata, apalagi ketika Anda hendak tidur. Emisi cahaya biru dari layar ponsel dapat mengganggu hormon melatonin yang digunakan tubuh untuk tidur. Akibatnya, Anda akan mengalami insomnia atau sulit tidur. Idealnya, jangan gunakan ponsel setidaknya 30 menit sebelum Anda mulai memejamkan mata.

Saat terbangun dari tidur

Hampir semua orang akan terbangun setidaknya 1-2 kali saat tidur di malam hari. Kebanyakan dari kita biasanya menggunakan kesempatan itu untuk mengecek ponsel kalau-kalau ada pemberitahuan penting. Kebiasaan tersebut sebaiknya ditinggalkan karena emisi cahaya biru dapat mengganggu hormon melatonin sehingga Anda malah akan terjaga sepanjang malam.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini