nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taman Kering Jadi Solusi Berkebun yang Praktis

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 13:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 11 196 1920810 taman-kering-jadi-solusi-berkebun-yang-praktis-ISgFT3fIeH.jpg Taman Kering (Tamankering)

BANYAK orang yang beralasan tidak memiliki taman karena jarang berada di rumah. Apalagi untuk keluarga yang tidak memiliki asisten rumah tangga.

Untuk keluarga seperti ini, ada alternatif lain yang bisa dicoba, yaitu membuat sebuah taman kering. Di tengah aktivitas yang sibuk di luar rumah, terkadang rumah hanya dijadikan sebagai tempat beristirahat. Tak jarang rumah pun dibiarkan tak bernyawa alias kosong tanpa memiliki tampilan yang segar. Padahal, lewat penataan rumah yang asri dan hijau, bisa membuat pikiran kembali tenang dan segar. Salah satunya lewat kehadiran taman kering yang terkenal mudah perawatannya. Taman kering adalah sebuah taman yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman yang cenderung tidak memerlukan perhatian terlalu banyak.

 Baca juga: Kucai Mini, si Hijau Nan Memikat Bikin Tamu Senang ke Rumah Anda

Taman Kering (Ricefield)

Kaktus dan tanaman jenis succulent merupakan contoh utama yang bisa Anda gunakan untuk pengisinya. Mungkin kebanyakan dari Anda lebih sering melihat kaktus dijual dalam pot-pot kecil untuk hiasan di lemari dalam rumah. Padahal, kaktus memiliki keluarga yang lebih dari satu dan berbagai macam jenis. “Kaktus bisa dikatakan sebagai tanaman cantik dan unik yang dimiliki alam kita. Sebagian besar jenis kaktus adalah tanaman gurun yang tumbuh di daerah kering. Namun, karena karakter dasarnya tersebut, kaktus bisa tumbuh di hampir semua tempat dengan perawatan yang juga mudah,” kata arsitek lanskap Zain Rahman.

Bentuknya yang unik dan dipenuhi dengan duri serta warnanya yang menggoda, seakan menjadi daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, taman kaktus bisa memberikan identitas tersendiri yang khas dan orisinal bagi rumah Anda. Tidak hanya kaktus yang dapat Anda sajikan untuk taman kering. Beberapa tanaman seperti aglonema, bromelia, siklok, dan sikas juga bisa Anda sajikan untuk melengkapi tampilan taman kering di luar rumah. Namun, jika Anda lebih suka dengan beberapa tumbuhan besar seperti patah tulang, cemara udang, pandan bali, atau tombak raja juga bisa digunakan untuk menambah aksen taman menjadi lebih hidup.

 Baca juga: 4 Kain Nusantara Ini Disukai Warga Australia, Motifnya Bikin Jatuh Cinta!

Tidak ada yang sulit untuk membuat taman kering, khususnya taman kaktus. Hal terpenting yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah memberikan area yang bisa menyediakan pengaliran air dengan baik. “Kaktus dan tanaman kering lainnya umumnya tidak menyukai kondisi yang lembap, apalagi basah. Bila taman datar, bisa membuat gundukan tanah setinggi 20 sampai 50 cm, untuk di taman kering kita bisa menggunakan pot sebagai media tanam dan tidak memerlukan tanah yang banyak dan tinggi,” kata Zain.

Untuk mendekorasi dan menatanya, tinggal tergantung imajinasi Anda dalam mengombinasikan beberapa jenis kaktus dan berbagai tanaman kering lainnya, seperti menggunakan tanaman sukulen. Anda bisa membentuk ukuran yang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah menentukan jenis tanaman dan sedikit penataan yang tepat, taman Anda pun siap dan hanya tinggal memerlukan sedikit sekali perawatan.

Baca juga:  Muka Mirip Pertanda Jodoh? Ini Hasil Penelitiannya

Bisa dikatakan Anda tidak perlu rajin-rajin menyiram dan melakukan pengirigasian. Dengan mengandalkan air hujan saja sudah cukup memberikan pasokan air ke tanaman. Anda tinggal melakukan pemupukan setiap 3 sampai 6 bulan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini