nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenalan dengan Alyssa Carson, Perempuan Pertama yang Akan Menginjakkan Kaki di Mars

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 20:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 11 196 1921094 kenalan-dengan-alyssa-carson-perempuan-pertama-yang-akan-menginjakkan-kaki-di-mars-k1Dbc34cYb.jpg Alyssa Carson manusia pertama yang akan ke Mars (Foto: Dailymail)

TIDAK banyak orang yang dapat konsisten pada mimpi-mimpi yang mereka miliki di masa kanak-kanak dan bisa membentuk jalan hidup mereka karena jadi kenyataan .

Tetapi bagi seorang remaja Amerika, bernama Alyssa Carson, melihat gambar-gambar tokoh kartun di televisi yang mengenakan pakaian khas astronaut membuatnya jadi terobsesi jadi penjelajah luar angkasa dan tetap ia ingini meskipun sudah beranjak dewasa.

Saat baru berumur tiga tahun, dia memberitahu ayahnya 'Ayah, saya ingin menjadi astronaut, dan menjadi salah satu orang yang pergi ke Mars'. Bukan sekadar pernyataan dan keinginan seperti anak seumurannya, Alyssa pun mampu mewujudkan impiannya itu.

Sejak itu, dia telah membuat pekerjaan dalam hidupnya dan berupaya sekeras tenaga membuat impian masa kecilnya menjadi kenyataan.

Hingga singkat cerita, pada tahun 2033, ketika Alyssa akan berusia 32 tahun kelak, dia berencana untuk terbang ke planet merah, dan dia akan membantu koloni Mars berkembang.

Carson Gadis ke Mars

Gadis berusia 17 tahun, dari Hammond, Louisiana, telah terobsesi dengan ruang dari saat dia menonton kartun The Backyardigans, di mana lima teman hewan pergi pada petualangan imajiner di halaman belakang mereka, termasuk misi ke Mars.

Seperti yang dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (11/7/2018), Alyssa si pemilik mimpi ingin pergi ke Mars itu menyebarkan mimpinya kepada ratusan ribu pengikutnya di berbagai akun media sosial dan blognya. Dia juga menghadiri seminar dan acara public speaking lainnya untuk menyapa teman-temannya dan mendorong anak-anak muda lainnya khususnya wanita untuk terlibat dalam sains, teknologi, teknik, dan matematika.

"Saya melakukan hal yang sama seperti anak-anak lain, seperti mengubah pikiran saya tentang karier, ingin menjadi guru atau presiden suatu hari nanti. Tetapi cara yang saya selalu pikirkan adalah saya akan menjadi astronaut, pergi ke Mars, kembali, dan kemudian menjadi guru atau presiden," bebernya.

Carson Gadis ke Mars

Sementara, Nasa tidak secara resmi menerima aplikasi untuk menjadi astronot sampai seseorang berusia 18 tahun, namun agen tersebut konon berupaya untuk mewujudkan ambisi Alyssa. Sebagai bagian dari rencana jangka panjang untuk planet merah, Nasa sebelumnya berbicara tentang pengiriman astronot AS ke orbit pada tahun 2033 dan ke permukaan planet pada tahun 2039.

Misi ini akan mencakup menanam makanan, melakukan eksperimen sains, dan mencari tanda-tanda kehidupan. Selama bertahun-tahun, Alyssa telah melakukan pelatihan sebanyak mungkin untuk mempersiapkannya pada perjalanan akhirnya.

Ayahnya mendaftarkannya di Amerika Serikat Space Camp pada 2008, yang telah ia ikuti beberapa kali sejak itu. Dia juga berkelana ke Laval, Quebec, dan Izmir, Turki, akhirnya menjadi orang pertama yang mengunjungi ketiga Ruang Angkasa Nasa pada usia 12 tahun.

Carson Gadis ke Mars

Selama pelatihannya, dia telah belajar tentang gaya berat mikro dan efeknya pada tubuh yang kehilangan oksigen. Dia telah mengambil bagian dalam simulasi misi, membangun roket dan robotiknya sendiri, dan bahkan mengarahkan kadet antariksanya di bawah namanya 'Blueberry', yang dia gunakan sebagai pegangan untuk berbagai akun daringnya.

Pada bulan April dia juga mengikuti kursus di bawah air, untuk mempersiapkannya untuk efek disorientasi ruang. Sebagian besar pelatihannya baru-baru ini dilakukan secara pribadi melalui Akademi Luar Angkasa Proyek Possum.

Ini adalah cabang dari Embry-Riddle Aeronautical University, sebuah universitas swasta yang mengkhususkan diri dalam penerbangan dan kedirgantaraan. Siswa tingkat lanjut diberikan lima hari instruksi akademis, termasuk pelatihan misi ketinggian tingkat tinggi di fasilitas ketinggian hiperbarik, serta angkasawan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini