nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulang Liburan dari Bali, Turis di Pesawat Apes karena Ada yang Berbuat Jorok

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 21:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 11 406 1921009 pulang-liburan-dari-bali-turis-di-pesawat-apes-karena-ada-yang-berbuat-jorok-kG1rrOIO82.jpg Turis Asing (Foto: Dailymail)

SAAT kita bepergian, banyak hal yang tidak boleh kita lakukan karena dianggap bertentangan dengan budaya sekitar. Namun, ada juga hal-hal umum yang tidak boleh kita lakukan, terkait dengan kebersihan seperti meludah sembarangan, atau buang air kecil di sembarang tempat.

Nah, pasangan ini juga mengalami hal yang membuat perut mual, lantaran ada seorang penumpang pesawat yang memotong kuku jari kaki dan membersihkan kulit kering kakinya di pesawatnya.

Dilansir Dailymail, Jade Thomas dan pacarnya Trong Nguyen saat itu tengah berada dalam penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Hanoi, Vietnam, pada hari Minggu sore.

 (Baca Juga: Intip Gaya Manja Pemilik Kedai Bakmi Janda Jamilla Juminten, Siap-Siap Didoooor!)

Saat itu, dia pun dikejutkan oleh penumpang muda di seberang kursinya yang tidak mengenakan sepatu dan kaos kaki, namun mengenakan masker untuk melindungi dirinya sendiri.

Tidak berhenti sampai di situ, anak muda tersebut menaikkan kakinya yang kotor dan meletakkan di kursi di depannya, lantas mengambil kulit kering dari kakinya dan menjatuhkannya di lantai.

 

Selain itu, dia pun nampak membersihkan bulu di bawah kuku kakinya, tanpa mengacuhkan masalah kebersihan yang bisa menyebabkan virus lain di pesawat Airbus A320.

Padahal, kaki yang kotor bisa memberikan pengaruh besar bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam mencegah datangnya penyakit. Meskipun memakai alas kaki, sandal misalnya, tetap saja kaki kita bisa dengan mudah terkena kotoran, debu, dan terpapar bakteri atau kuman.

Dalam sebuah penelitian, dalam satu gram tanah yang terlihat bersih saja sudah ada sekitar satu miliar bakteri. Jika kita berjalan kaki di luar rumah, bisa jadi bakteri-bakteri ini sudah memasuki kulit atau sela-sela jari dan bawah kuku kaki kita. Bagian tumit kaki kita juga cenderung memiliki populasi jamur yang sangat tinggi.

Jadi, bayangkan saja apa yang terjadi jika kulit kering berada di kabin pesawat, di mana udara hanya mengalir sirkular. Bisa jadi berbagai bakteri, jamur, kuman, dan mikroorganisme yang menempel akan tersebar dan akhirnya memicu datangnya penyakit.

 (Baca Juga: 5 Pasukan Timnas Prancis yang Merupakan Seorang Muslim)

Selain soal sanitasi tersebut, Jade yang berasal dari Queensland, Australia, mengatakan banyak penumpang pesawat kerap bertindak seenaknya. Sebagai contoh, banyak orang berdiri dan mulai mengambil tas mereka di kabin, padahal tanda sabuk pengaman belum dimatikan.

Jade berangkat dari Bali, sebelum terbang ke Kuala Lumpur untuk mengejar penerbangan ke rumahnya di Vietnam, karena tidak ada penerbangan langsung dari Bali.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini