nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertandingan Manusia Super Digelar di Bintan Pertengahan Agustus 2018

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 21:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 11 406 1921099 pertandingan-manusia-super-digelar-di-bintan-pertengahan-agustus-2018-WGkdgUm45k.jpg Ilustrasi Sport Tourism (Afp)

INDONESIA tidak hanya negara kepulauan yang indah alamnya, tapi juga keanekaragaman budaya, flora, dan fauna. Sehingga, alam tersebut bisa dimanfaatkan untuk bidang pariwisata, salah satunya wisata olahraga atau sport tourism.

Penyelenggaraan sport tourism ini beberapa di antaranya bertaraf internasional, dengan mengadakan di masing-masing daerah secara rutin, seperti Bintan, Kepulauan Riau, yang mengadakan pertandingan bagi manusia super atau Ironman 70.3 Bintan. Tahun ini acara tersebut diadakan pada 18-19 Agustus 2018, tepat pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

 Baca juga: Membuat Kentang Goreng Rumahan Serenyah di Restoran

"Ironman 70.3 sudah jadi trending topic di Twitter bahkan mengalahkan pesona asian games. Gencarnya pemberitaan itu semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia, ucap Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, dalam Konferensi Pers Ironman 70.3 Bintan, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

 Orang kuat (Shutterstock)

Penyelenggaraan Ironman di Bintan setiap tahunnya selalu meningkat jumlah atlet dan wisatawan mancanegara yang datang berkunjung. Pada 2016 Ironman diikuti 1.200 atlet dari 50 negara, sedangkan pada 2018 menargetkan 1.300 peserta, dengan pembagian peserta 1.000 orang Ironman 70.3 dan 300 Ironkids funrun.

Peserta datang dari berbagai negara, seperti 59 persen dari Singapura, 11 persen dari Australia, 4 persen dari Hong Kong, 2 persen masing-masing dari Malaysia, Amerika Serikat, Jepang, 10 persen dari negara lain, dan 10 persen dari Indonesia. Peningkatan jumlah atlet dan wisatawan mancanegara ini terjadi karena pemerintah Kabupaten Bintan dan Dinas Pariwisatanya selalu mengevaluasi acara, sehingga acara-acara yang terselenggara di Bintan masuk dalam top 10 dan top 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata.

 Baca juga: Pengobatan Baru Kanker Payudara untuk Stadium Dini, Ini Caranya!

"Acara yang masuk, ada Tour the Bintan top 100 dan top 10 ironman. Kalau di Indonesia ada dua daerah yang saya tetapkan secara nasional, yaitu Sumatera Selatan sport tourism, ada sepakbola, panahan dll, nomor dua itu Bintan," ujar Arief.

Wisatawan mancanegara yang datang pada acara sport tourism bisa aktif dan pasif wisatawan mancanegaranya. Aktif bagi pemain atau atlet yang mengikuti pertandingan dan pasif bagi penonton.

 Orang kuat (Shutterstock)

"Nah, Bintan sport tourism termasuk lebih banyak wisatawan mancanegara yang aktif, karena lebih banyak atletnya. Maka perbandingannya di Indonesia 55 persen wisatawan yang aktif dan 45 persen pasif," ujar Arief.

 Baca juga: Meski Cepat, Pengobatan Kanker Payudara Trastuzumab Subkutan Tak Disarankan Pakai Sendiri di Rumah!

Kembali ke Ironman 70.3 2018 akan dipusatkan di Plaza Lagoi, sebagai pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi kawasan Bintan Resort. Para atlet Ironman 70.3 akan memulai dengan berenang sejauh 1,2 mil atau 1,9 kilometer di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil setara 90 kilometer, serta diakhiri dengan lomba lari dalam tiga lap sepanjang 21 kilometer, jadi total 70,3 mil sesuai dengan nama acaranya.

"Juara pertama akan mendapatkan hadiah uang sekira USD15.000 yang setara dengan Rp200jutaan," beber Luki Zaiman Prawira, Kadispar Bintan yang mewakili Bupati Bintan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini