nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mencegah dan Mengobati Lecet di Paha, Awas Jangan Sampai Iritasi!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 06:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 11 481 1920910 cara-mencegah-dan-mengobati-lecet-di-paha-awas-jangan-sampai-iritasi-xn3EEnFqbX.jpg Ilustrasi (Foto: goodhousekeeping)

GESEKAN di antara paha terkadang dapat membuat kulit menjadi iritasi. Kondisi ini ditandai dengan lecet atau ruam merah. Bila sudah begitu, biasanya akan timbul rasa sakit bila paha bergesekan kembali, terutama saat mengenakan celana yang terlalu ketat.

Melansir GoodHousekeeping, Kamis (12/7/2018), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lecet dan ruam. Pertama gunakan balm atau losion dan kemudian oleskan di antara paha yang lecet sebelum memakai celana. Untuk celana, pilihlah yang berbahan katun dan sedikit longgar guna menghindari iritasi lanjut.

Hindari pemakaian celana yang terlalu ketat atau bahannya tidak menyerap keringat. Celana jenis ini dapat membuat kulit lebih lembap sehingga menjadikannya mudah teritasi. Iritasi juga mudah terjadi pada mereka yang gampang berkeringat. Keringat berlebih dapat memecah lapisan kulit bagian atas sehingga membuatnya lecet, iritasi, dan nyeri. Untuk mengatasinya, gunakan bedak tabur di kulit paha.

Sementara itu, bila kulit sudah terlanjur mengalami iritasi, ada penanganan cepat yang bisa dilakukan. Pertama, pilihlah sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan yang keras. Kemudian usap bagian yang lecet dengan perlahan dan bilas menggunakan air hangat pH netral.

Paha lecet

Selanjutnya kenakan celana berbahan katun. Kelembutannya akan membuat kulit lebih mudah bernapas. Usahakan untuk memakai celana berbahan katun sepanjang hari hingga iritasi mereda. Cara lainnya adalah menggunakan pelembap di kulit yang lecet. Pelembap dapat membantu menenangkan, melindungi, dan menyembuhkan kulit iritasi. Hindari krim beraroma atau yang mengandung bahan mewah karena dapat memperparah kondisi.

Bila keadaan tak kunjung membaik, bisa jadi iritasi sudah berkembang menjadi infeksi. Kondisi ini membuat ragi dan bakteri telah menetap di kulit sehingga harus diobati dengan krim khusus. Gunakan juga band anti-chafe khusus paha untuk membantu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini