nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisa Bikin di Rumah, Ini 5 Cara Simpel untuk Detoks Rambut

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 02:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 194 1921632 bisa-bikin-di-rumah-ini-5-cara-simpel-untuk-detoks-rambut-HPKrHp8gsB.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI salah satu bagian dari organ tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, debu dan kotoran, udara luar, dan berbagai hal lainnya. Maka wajar jika kondisi rambut jadi mudah rusak dan tak menarik dipandang.

Menjaga kesehatan dan keindahan rambut, salah satunya bisa dengan melakukan detoks. Sebab bukan hanya tubuh dan kulit yang perlu detoks, tetapi detoks juga perlu untuk rambut, agar kotoran dan racun bisa terangkat sehingga kondisi rambut bisa sehat.

Untuk hair detoks ini, jangan khawatir dan merasa malas duluan untuk melakukannya. Sebab, ada kok langkah-langkah detoks rambut yang simpel untuk dilakoni. Apa saja? Menyitat Boldsky, Jumat (13/7/2018) yuk dibaca dulu ulasan tentang hal apa saja yang bisa dilakukan untuk detoks rambut di bawah ini:

1. Trim

Sebagai proses untuk memulihkan kondisi rambut, salah satu langkah paling sederhana yang bisa dilakukan untuk hair detoks ini adalah dengan memangkas alias trim rambut. Minta kepada hairstylist Anda untuk memangkas semua ujung-ujung rambut yang telah mati. Usahakan trim rambut dengan rutin setidaknya satu kali setiap enam pekan.

 (Baca Juga:Inilah 5 Bagian Tubuh yang Tak Perlu Sering-Sering Anda Bersihkan)

2. Sehatkan kulit kepala

Kulit kepala yang bersih penting untuk rambut yang lebih sehat. Seperti kulit tubuh, kulit kepala juga jadi berminyak dan kotor ketika tidak dicuci dengan rutin. Maka dari itu penting untuk mencuci rambut menggunakan sampo jenis mild alias ringan, setidaknya dua kali dalam satu pekan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di kulit kepala. Saat mencuci rambut, jangan balurkan sampo langsung di area kulit kepala, tapi aplikasikan di tengkuk leher dan garis rambut.

 

3. Eksfoliasi dengan baking soda

Cara ini bisa dilakukan saat sedang tak punya banyak waktu. Cukup tambahkan satu sendok makan baking soda ke sampo yang biasa digunakan sehari-hari, lalu campurkan keduanya sampai rata baru balurkan ke rambut. Campuran sampo dan baking soda ini, diketahui bisa bekerja sebagai pembersih alami, eksfoliator untuk mengangkat kotoran yang tertumpuk di rambut dan kulit kepala.

 (Baca Juga:Mom, Ternyata Memijat Bayi Bisa Menguatkan Ikatan Ibu dan Anak)

4. Minimalisasi pemakaian produk penataan rambut dan terkena suhu panas

Menggunakan alat pengering rambut, setrika rambut, dan alat-alat panas lainnya secara teratur dapat melemahkan dan membuat rambut jadi kering dan rentan menjadi rusak. Sebisa mungkin minimalisasi pemakaian alat-alat penataan rambut ini, jika terpaksa sekali harus dipakai, buat setelan suhu cukup di suhu medium.

 

5. Beri pelembap

Untuk mengisi kembali hilangnya kelembapan di rambut, disebutkan perlu untuk melakukan perawatan pra-sampo. Misalnya memakai minyak alami yang menutrisi dan melembapkan kutikula rambut. Salah satu cara yang bisa dicoba, pijat rambut memakai baluran minyak kelapa hangat atau minyak zaitun, dan biarkan selama minimal 20 menit sebelum rambut dicuci bersih dengan sampo. Selain minyak kelapa, bisa juga pilih minyak argan, atau minyak chamomile yang menambah kilau rambut, atau minyak geranium yang bisa memperkuat rambut.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini