nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WHO Resmi Tetapkan Kecanduan Seks Sebagai Gangguan Mental

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 09:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 196 1921252 who-resmi-tetapkan-kecanduan-seks-sebagai-gangguan-mental-rLN16KOi1u.jpg Kecanduan Seks (Foto: Guardian)

BADAN Kesehatan Dunia, WHO, resmi menetapkan kecanduan seks sebagai gangguan mental. Selama ini, kecanduan seks belum masuk dalam kategori gangguan mental sehingga menyulitkan para penderitanya untuk mencari bantuan agar sembuh.

WHO lantas menetapkan bahwa kecanduan seks masuk dalam Daftar Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD)-11. Menurut WHO, kecanduan seks adalah pola kegagalan mengontrol yang terus-menerus terjadi, dorongan seksual berulang, atau desakan yang menghasilkan perilaku seksual berulang.

Baca Juga :

“Itu adalah perilaku yang biasanya disembunyikan karena memalukan dan seringnya para pecandu seksual tidak mau mengaku,” ujar Psikiater dari Royal College of Psychiatrists, Dr Valerie Voon, mengutip dari The Guardian, Kamis (12/7/2018).

“Memasukkan kecanduan seks ke dalam daftar WHO merupakan langkah yang sangat baik untuk pasien karena memungkinkan mereka mengenali menderita masalah tersebut. Mereka bisa keluar dan berani mengatakannya untuk mencari bantuan,” imbuh Dr Valerie Voon.

Menurut definisi WHO, gejala-gejala kecanduan seks adalah pengabaian terhadap kesehatan, perawatan pribadi, atau kepentingan dan tanggung jawab seseorang. Apabila perilaku itu muncul dalam enam bulan atau lebih serta menyebabkan kesulitan dalam kehidupan pribadi, maka bisa dikategorikan sebagai penyakit kecanduan seks.

Voon mengatakan, penyakit mental kecanduan seks itu bisa disembuhkan bersamaan dengan kondisi seperti depresi dan kecemasan berlebihan.

WHO memasukkan kecanduan seks dalam daftar terbaru dari International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems untuk edisi ke-11 (ICD-11) yang dirilis pada 18 Juni. ICD adalah alat bagi WHO untuk mendiagnosa, mengatur, dan merawat beragam gangguan fisik maupun mental.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini