nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia Alpukat Raksasa Australia, Beratnya Capai 1,7 Kg per Buah!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 298 1921381 ini-dia-alpukat-raksasa-australia-beratnya-capai-1-7-kg-per-buah-hwXZor4cNH.jpg Alpukat raksasa Australia (Foto: Metro.co.uk)

TERKADANG satu buah alpukat terasa tidak cukup. Sebab, buah yang identik dengan warna hijau itu punya banyak khasiat. Salah satunya adalah mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan lemak tak jenuh.

Satu buah alpukat biasanya cukup untuk 1-2 dua kali penyajian. Namun, sebuah alpukat raksasa yang muncul di Australia, mencuri perhatian. Sebab, buah tersebut memiliki berat rata-rata 1,2 kilogram (kg) atau sekira empat kali lipat dari ukuran normal dan cukup untuk 20 kali penyajian.

“Alpukat terbesar mencapai berat 1,73 kg,” ujar Manajer Mercer Mooney, Cameron Perna, mengutip dari Metro, Kamis (12/7/2018).

Buah alpukat raksasa itu diimpor dari Afrika Selatan. Sempat memasuki Inggris pada 2013, buah alpukat itu kemudian diekspor ke Australia. Menurut petani yang membawanya ke Negeri Kanguru, Ian Groves, rasa buah tersebut sama dengan alpukat pada umumnya tetapi teksturnya lebih lembut.

alpukat raksasa

Alpukat-alpukat raksasa itu ditanam dan dipanen langsung dari kebun milik Ian Groves. Ia kemudian mendistribusikan alpukat raksasa hasil panen ke sejumlah toko grosir di Brisbane, Sydney, Adelaide, dan Perth, termasuk supermarket Mercer Mooney.

“Kami membeli pohon dari pembibitan yang berbeda dan ditanam kurang lebih 10 tahun lalu sebagai percobaan. Setelah 4-5 tahun, kami mencoba beberapa buah dan sempat ingin menyerah. Jadi, kami tanam di blok kecil hanya sekira 400 batang pohon. Hasilnya baru terlihat empat tahun kemudian dan ini lah produksi pertamanya,” tutur Ian Groves.

alpukat raksasa

Sebuah perusahaan Afrika Selatan yang pertama kali mengembangkan alpukat jenis itu masih memegang hak ciptanya hingga saat ini. Apabila ingin mengembangkannya, Ian menyarankan untuk mengurus izin serta membayar royalti perusahaan tersebut.

Anda juga mesti bersabar karena butuh waktu empat tahun untuk menanam hingga memanen. Tetapi, bila berminat, Alpukat raksasa berjuluk Avozilla itu dijual dengan harga 11,3 poundsterling (setara Rp214 ribu) per buah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini