Biar Tidak Cepat Busuk, Begini 3 Cara Menyimpan Keju yang Benar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 14:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 298 1921561 biar-tidak-cepat-busuk-begini-3-cara-menyimpan-keju-yang-benar-ft4JB9lmca.jpg Ilustrasi (Foto: Timeincsecure)

KEJU merupakan salah satu bahan makanan yang kini sering digunakan untuk membuat berbagai hidangan lezat. Mulai dari olahan pasta, pizza, hamburger, steak, hingga beberapa jenis makanan penutup pun menggunakan bahan bercita rasa gurih tersebut.

Tak heran jika belakangan inj banyak orang yang mulai menyediakan stok keju di dapur rumah mereka. Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara tepat menyimpan keju agar tidak cepat membusuk. Diansir dari Food and Wine, Kamis (12/7/2018), berikut 3 tips menyimpan keju yang wajib Anda ketahui.

Hindari penggunaan plastik

Meski para cheesemongers (ahli keju) sering membungkus keju menggunakan plastik, Anda harus menghindari hal ini di rumah. Para profesional melakukannya agar para konsumen dapat melihat tekstur keju yang mereka jajakan. Namun sayangnya, cara ini justru dapat memengaruhi rasa keju.

"Cara terbaik untuk membungkus keju adalah menggunakan bahan bermaterial porous. Keju merupakan bahan makanan yang "hidup" sehingga membutuhkan udara. Membungkusnya dengan plastik justru akan memengaruhi rasanya. Selain itu, bakteri baik yang terdapat pada keju pun akan mati dibuatnya," tutur Carol Johnson, seorang ahli keju dari Monger’s Palate di Brooklyn.

Johnson merekomendasikan untuk menggunakan kertas keju khusus atau wax paper.

Bungkus Keju

Simpan di dalam lemari pendingin

Mengingat tidak semua orang memiliki lemari khusus untuk mendinginkan keju, Anda bisa mengakalinya dengan cara menyimpan di dalam kulkas, tapi letakkanlah di lokasi yang paling dingin.

"Suhu dingin dapat memperlambat proses pembusukkan keju. Selain itu, sirkulasi udara yang ada pada kulkas juga dapat mengeringkan keju dengan cepat. Keju menyukai kelembapan tertentu dan terkadang menjadi lebih hangat. Saya memasukkan keju ke dalam laci kulkas, atau bagian mana pun yang paling dingin," "kata Johnson.

Tentu ada beberapa jenis keju yang dapat disimpan di tempat bersuhu ruang seperti Parmigiano Reggiano. Mengingat teksturnya yang cukup tebal dan keras, keju ini bisa bertahan lebih lama.

simpan makanan di kulkas

Gunakan wadah berlapis

Terakhir Johson merekomendasikan untuk meletakkan keju yang sudah dibungkus dengan wax paper, ke dalam wadah tambahan seperti plastik bag yang telah dilubangi agar udara dapat masuk ke dalamnya.

Keju

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini