nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Chicken Katsu untuk Menu Makan Malam Favorit, Gurih-Gurih Sedap!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 18:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 298 1921568 resep-chicken-katsu-untuk-menu-makan-malam-favorit-gurih-gurih-sedap-3ztK3hQ9NN.jpg Chicken katsu untuk makan malam (Foto: Tesco)

KATSU atau dikenal dengan nama panko chicken adalah kuliner khas Jepang yang sangat populer. Secara harfiah, katsu memiliki arti ‘sayatan daging’ yang kemudian menjadi ide awal munculnya olahan tonkatsu (sayatan daging babi goreng). Namun seiring berkembangnya waktu, hidangan ini mengalami sejumlah modifikasi termasuk penggunaan daging ayam sebagai bahan dasar utamanya (chicken katsu).

Di Indonesia sendiri chicken katsudon menjadi salah satu menu favorit karena kombinas rasa gurih dan manisnya yang begitu menggugah selera. Hidangan ini juga cocok disajikan dalam berbagai suasana.

Nah, kalau Anda tertarik membuatnya, berikut Okezone rangkumkan resep lengkap chicken katsudon yang bisa dicoba di rumah. Sajikan selagi hangat dengan makanan pelengkap lainnya. Seperti dikutip dari buku Semua Orang Bsa Masak, karya Heni Maria, Kamis (12/7/2018).

Bahan

4 potong ayam dada filet, potong tipis

3 sdm jeruk nipis

1 sdt garam

1 siung bawang putih, haluskan

Tepung terigu

2 buah telur, kocok, untuk bahan pelapis

Tepung panir

Minyak untuk menggoreng

1 mangkuk nasi putih

Saus

10 sdm air kaldu

1 sdm soy saus

1 sdm gula pasir

½ sdt air perasan jeruk lemon

1 buah bawang bombay, iris

1 butir telur, kocok

Cara membuat

1. Lumuri filet dada ayam dengan air jeruk nipis, garam, dan bawang putih halus, diamkan 15 menit;

2. Setelah itu gulingkan ayam di tepung terigu ke tepung panir, simpan dalam kulkas selama 30 menit agar tepung panir menempel;

3. Panaskan minyak, goreng ayam di atas api sedang hingga matang dan berwarna keemasan, angkat tiriskan, potong-potong chicken katsu melintang, sisihkan;

4. Untuk saus, dalam wajan Teflon, masukkan air kaldu, soy saus, gula, air perasan jeruk lemon, masak hingga mendidih, lalu masukkan chicken katsu yang sudah dipotong rata lalu masukkan telur yang sudah dikocok ke permukaan wajan. Tutup wajan masak dengan api kecil, biarkan hingga telur matang (tapi tidak sampai kering), matikan api, tuang ke mangkuk yang berisi nasi putih hangat, sajikan.

chicken katsu(Foto: Tesco)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini