5 Lokasi di Dunia Ini Tak Punya Gravitasi, Melayang-layang seperti Berada di Luar Angkasa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 07:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 406 1921216 5-lokasi-di-dunia-ini-tak-punya-gravitasi-melayang-layang-seperti-berada-di-luar-angkasa-EVq9knvA05.jpg Santa Cruz California (Foto: Brightside)

GAYA gravitasi atau biasa disebut gaya tarik bumi, selalu berjalan dalam kehidupan manusia. Jika Anda melempar sebuah bola, maka benda tersebut akan jatuh kembali ke tanah. Hal tersebut disebabkan oleh gaya gravitasi bumi.

Semua fenomena yang terjadi di bumi ini tak lepas dari pengaruh gaya gravitasi. Meski demikian, ternyata ada beberapa tempat di dunia ini dimana gaya gravitasi bumi tidak lagi berlaku di dalamnya.

Tentunya hal ini sangat menarik perhatian dan membuat penasaran. Menyadur dari Brightside, Kamis (12/7/2018), Okezone akan membahas mengenai 5 tempat di dunia yang tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi bumi.

 Baca Juga :

1.Saint Ignace Mystery Spot, Michigan, Amerika Serikat

Ceritanya mengatakan bahwa beberapa surveyor sedang menjelajahi daerah tersebut pada 1950-an. Ketika mereka mencapai tempat ini, semua peralatan mereka berhenti bekerja. Ketika dilakukan beberapa pengujian, mereka menemukan masalah ini terdapat dalam lingkaran berdiameter sekira 300 meter. Ini merupakan asal-usul tempat misteri ini ditemukan.

Michigan Amerika Serikat

2.Mystery Spot, Santa Cruz, California

Tempat ini terletak di hutan Santa Cruz. Fenomena spot anti gravitasi ini terjadi di daerah dengan diameter 150 kaki. Orang yang berkunjung ke tempat ini terlihat berjalan dengan cara miring, dan beberapa hal tampak seperti berguling dan menanjak. Banyak orang kembali ke tempat misteri ini karena beberapa kali mengalami sensasi aneh dan membingungkan.

3.Hoover Dam, Nevada, Amerika Serikat

Jika Anda pernah mengunjungi Bendungan Hoover di Nevada, Amerika Serikat, cobalah melakukan percobaan untuk melihat tidak adanya gaya gravitasi. Tuangkan air dari botol ke atas Bendungan. Anda akan melihat bahwa air tidak akan turun tetapi akan naik. Ini terjadi karena updraft yang sangat kuat yang dibuat oleh struktur Dam. Air sebenarnya dibawa ke atas oleh angin.

4.Magnetic Hill, Leh Ladakh, India

Bukit ini, terletak di jalan raya nasional Leh-Kargil-Baltik di India, dikatakan memiliki sifat magnetik karena dapat menarik mobil untuk menanjak. Beberapa orang mengatakan bahwa pesawat yang melintas harus meningkatkan ketinggian mereka. Sementara beberapa orang percaya pada sihir. Tapi sebagian dari mereka ada yang mengatakan bahwa itu hanya ilusi optik yang diciptakan oleh tata letak area dan bukit di sekitarnya, yang membuat jalan yang menurun tampak seperti naik.

 

5.Waterfall, Faroe Island

Dapatkah Anda membayangkan air terjun yang justru menyemburkan airnya ke udara? Ya, Anda bisa menemukan air terjun ini di Kepulauan Faroe, yang terletak di Samudera Atlantik antara Skotlandia dan Islandia. Sebenarnya tidak ada yang aneh dari fenomena ini, hal ini bisa dijelaskan dengan ilmu pasti. Ada banyak air terjun seperti ini di dunia, dan kekuatan yang menggerakkan air ke atas adalah angin. Namun selintas, air terjun ini terlihat sangat unik dengan keanehannya.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini