Bunker Kaliadem, Menyimpan Cerita Seram Tapi Sejuk dan Asrinya Bikin Betah Wisatawan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 20:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 406 1921538 bunker-kaliadem-menyimpan-cerita-seram-tapi-sejuk-dan-asrinya-bikin-betah-wisatawan-FFkhpQhpvI.jpg Bunker Kaliadem (Foto: Jamelatour)

MENYAMBANGI kawasan Sleman, Yogyakarta belum lah lengkap jika melewatkan Bunker Kaliadem. Ya, destinasi wisata Bunker Kaliadem memang bukanlah tujuan yang biasa dikunjungi.

Alasannya, tentu karena Bunker adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai perlindungan jika bencana gunung meletus terjadi. Namun, meskipun sebagai tempat mengungsi sementara, pemandangan di sekitar Bunker Kaliadem sangat memanjakan mata, hingga para pengunjung serasa dininabobokan.

Berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bunker Kaliadem tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara setiap akhir pekan atau hari libur nasional. Nah, agar bisa lebih menikmati dan meresapi kesejukan udara sebaiknya datanglah ketika hari kerja, hindari hari libur atau akhir pekan.

 (Baca Juga: 8 Foto Ini Buktikan WAGs Kroasia Asli Cantik dan Seksi)

 

 (Foto: Instagram/@Sandraprastiyanti )

Saat berada di sekitar Bunker Kaliadem wisatawan akan ditakjubkan dengan gagahnya Gunung Merapi, yang bahkan nampak sekali hijau pohonnya dengan garis-garis alur pohon yang nampak menghitam, belum lagi permukaan gunung yang sesekali ditutupi kabut, indah! Kawasan asri nan sejuk pun seakan menetralisir tanah yang padahal gersang dan banyak bebatuan vulkanik.

Sensasi berbeda saat berada di Kawasan Kaliadem yang seluas 25 hektar berpasir bisa pula dirasakan. Hutan pinus yang cukup lebat, daun-daunnya hijau dengan batangnya yang tinggi menjulang seakan menyimpan ketagarannya dari kisah setiap letusan Gunung Merapi.

 

 (Foto: Instagram/@Agungpurwanto4238)

Bagi pendaki gunung, Bunker Kaliadem jadi salah satu destinasi yang patut untuk dikunjungi karena mengundang rasa penasaran. Bagaimana tidak, menurut kepercayaan masyarakat setempat ada cerita mistis tentang Bunker Kaliadem. Konon, ada relawan yang tewas di dalam Bunker dan kerap terdengar suara tangisan dari dalamnya.

Sementara itu, setelah kejadian erupsi freatik Gunung Merapi beberapa waktu lalu, Bunker Kaliadem memang sempat sepi, tidak seramai biasanya, karena kondisi alam pun tidak bersahabat bagi wisatawan, dan akses pun rawan jika terjadi erupsi lanjutan. Namun, jika para wisatawan datang berlibur di saat yang tepat saat Gunung Merapi sedang tenang, maka pemandangan mata yang segar dan memanjakan pun bisa didapatkan hingga enggan beranjak.

(Baca Juga: Pria Wajib Tahu, Ini Posisi Seks yang Paling Diinginkan Wanita)

Jika Anda tertarik untuk menyambangi Bunker yang berada di ketinggian 2.900 meter di bawah permukaan laut ini, tidak perlu khawatir karena jaraknya cukup dekat, hanya 30 kilometer saja dari arah utara ibukota Yogyakarta. Para wisatawan pun dapat menggunakan motor atau mobil off road, dengan syarat tetap berhati-hati karena medan sangat terjal.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini