nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Jalur Kereta Api Paling Menantang di Dunia, Berani Coba?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 406 1921579 7-jalur-kereta-api-paling-menantang-di-dunia-berani-coba-43OsB9AQ3C.jpg Jalur kereta api paling menantang di dunia (Foto: Photoshelter)

KERETA api menjadi salah satu moda transportasi favorit kala harus bepergian ke luar kota. Sambil duduk santai, Anda bisa menikmati pemandangan indah di sekitar rel hingga tempat tujuan. Terkadang kereta api juga melewati jalur-jalur menantang seperti pinggir jurang.

Anda yang pernah naik kereta api ke Bandung dari Jakarta pasti akan disuguhi trek yang menantang, terutama selepas Stasiun Purwakarta hingga Stasiun Padalarang. Belum lagi, hampir sebagian jalur kereta api di selatan Pulau Jawa juga melewati perbukitan dan tanah yang rawan longsor.

Jalur-jalur menantang itu tidak hanya ada di Indonesia saja. Berikut deretan jalur kereta api menantang di dunia yang bisa membuat Anda menahan nafas kala melewatinya, dihimpun dari Times of India, Kamis (12/7/2018).

Tren a Las Nubles, Argentina

Jalur sepanjang 217 kilometer (km) itu menghubungkan Salta di Argentina dengan Polvorillo di Cile. Butuh waktu 27 tahun untuk membangun rute yang mulai beroperasi pada 1948 tersebut. Seluruh jalur kereta tersebut berada di ketinggian 4.200 meter (m) di atas permukaan laut sehingga hampir mirip dengan perjalanan menembus awan. Perjalanan tersebut ditempuh dalam waktu 16 jam dan rangkaian kereta harus melewati 29 jembatan serta 21 terowongan.

Kereta api argentina

Rute Chennai-Rameswaram, India

Rameswaram diketahui merupakan salah destinasi wisata ziarah di India. Rute tersebut dianggap menantang karena harus melalui jembatan yang melintang di atas laut sepanjang 2,3 km. Angin kencang dan ombak menjadi tantangan tersendiri bagi masinis agar kereta api tetap dapat melaju dengan mulus.

jalur kereta api di India

Devil’s Nose, Ekuador

Ruas rel sepanjang 12 km yang membentang di Ekuador itu sering dianggap sebagai salah satu jalur kereta api paling impresif di negara yang terletak di bawah garis khatulistiwa tersebut. Salah satu tantangan adalah trek menurun sepanjang 500 m yang hampir tegak membuat Anda terasa sedang naik roller coaster.

Jalur Kereta Api di Ekuador

White Pass and Yukon Route, Alaska

Rute satu ini sudah beroperasi sejak 1900 setelah melewati 26 bulan pembangunan. Jalur tersebut awalnya digunakan untuk mengangkut emas pada awal abad ke-20. Seiring kejatuhan industri tambang emas, jalur ini sempat ditutup pada 1982 dan baru dibuka pada 1988. Saat ini, rute berjarak 67 km itu melewati lereng yang kasar dan curam yang diapit oleh jurang yang dalam serta aliran sungai yang kuat.

Jalur Kereta Api di Alaska

Kuranda Railway, Australia

Menghubungkan Cairns dan Kuranda di Queensland, rute sepanjang 34 km itu harus melewati 15 terowongan, 93 tikungan tajam, dan 40 jembatan. Belum lagi harus melewati Taman Nasional Barron Gorge yang masuk dalam kategori situs warisan dunia UNESCO. Bersiap saja rasakan degupan jantung yang keras saat menaiki kereta.

Jalur Kereta Api di Australia

Cumbres and Toltec, Amerika Serikat (AS)

Jalur sepanjang 103 km itu menghubungkan antara Chama di New Mexico dan Antonito di Colorado, AS. Terletak di ketinggian 3.000 m di atas permukaan laut, jalur kereta api ini melwati Cumbress Pass dan Toltec Gorge. Adrenalin Anda akan terpacu saat melewati tepi tebing, lingkaran batu, dan terowongan sempit.

Jalur Kereta Api

Georges Loop, Colorado

Rute satu ini dibangun pada 1877 dengan tujuan utama mengangkut hasil tambang perak di negara bagian tersebut. jalur tersebut menghubungkan dua kota, Georgetown dan Silver Plume di kawasan Pegunungan Rocky. Jalur tersebut sempat ditutup pada 1939 tetapi dibuka kembali pada 1984 untuk kepentingan pariwisata. Rute wisata memang hanya sejauh 7 km, tetapi selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan melewati jembatan Clear Creek Valley dan jembatan Devil’s Gate High yang cukup menyeramkan.

jalur kereta api di colorado

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini