nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Makanan Mengandung Plastik, Seberapa Bahayanya untuk Kesehatan Manusia?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 10:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 481 1921273 heboh-makanan-mengandung-plastik-seberapa-bahayanya-untuk-kesehatan-manusia-danD7ZJuLH.jpg Bahaya mikroplastik bagi kesehatan (Foto:Truetribe)

 

MASIH ingat dengan kasus kandungan mikroplastik dalam air kemasan? Masalah ini sempat membuat heboh masyarakat karena sebagian besar dari kita mengonsumsi air kemasan ini.

Nah, kabar mengejutkan lainnya datang dari perairan. Menurut beberapa penelitian, perairan dunia sekarang sudah banyak yang tercemar mikroplastik ini dan itu berarti banyak hewan laut yang terpapar bahaya ini dan Anda diminta untuk lebih waspada.

Seperti dilansir dari Independent, bahaya mikroplastik ini sudah mengancam banyak hewan laut dan banyak dari hewan tersebut yang dikonsumsi manusia. Fakta ini menjelaskan bahwa manusia pun akan terpapar mikroplastik ini ketika mereka mengonsumsi hewan berparasit.

BACA JUGA:

8 Foto Ini Buktikan WAGs Kroasia Asli Cantik dan Seksi

Salah satu hewan yang paling memungkinkan terpapar adalah kerang. Habitat hewan ini yang dekat dengan pantai dan di banyak tempat kondisi habitat kerang tidak bersih, membuat hewan ini sangat mungkin mengandung mikroplastik pun kontaminan lainnya.

Tapi, tidak ada yang bisa memastikan memang seberapa tinggi kadar mikroplastik yang terkandung dalam hewan laut. Kebanyakan penelitian sampai saat ini hanya menganalisis isi perut dan usus dari organisme ini, yang biasanya dibuang sebelum dikonsumsi. Tetapi satu studi telah menemukan mikroplastik di hati ikan dan ini menunjukkan partikel tersebut diperoleh dari jaringan pencernaan dan parasit itu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

 

Selain kerang, mikroplastik juga ditemukan pada ikan kaleng. Namun, data menjelaskan bahwa angka yang teridentifikasi rendah, sehingga rata-rata konsumen mungkin hanya memakan hingga lima mikroplastik dari sebagian ikan dengan cara ini. Partikel yang ditemukan mungkin juga berasal dari proses pengalengan atau dari udara yang masuk ke dalam kemasan.

BACA JUGA:

Berbahayakah Lakukan Peeorgasm? Ini Penjelasan Dokter

Lebih jauh lagi, ternyata mikroplastik ini pun dapat ditemukan dalam garam laut. Berdasarkan hasil penelitian, satu kilogram garam laut dapat mengandung lebih dari 600 mikroplastik. Jadi, jika Anda mengonsumsi asupan harian maksimum 5 gram garam, itu berarti Anda akan mengonsumsi tiga mikroplastik sehari!

Sementara itu, seberapa bahayanya paparan mikroplastik untuk tubuh manusia?

Dilansir dari CNN, mikroplastik merupakan parasit jahat. Di sana terkandung bakteri jahat yang bisa saja mengganggu kestabilan tubuh manusia. Nah, ketika Anda terpapar mikroplastik dari makanan yang dikonsumsi, itu berarti Anda pun menelan bakteri secara tidak lamgsung.

Terkait dengan jumlah paparan, ini cukup penting memang. Sebab, dalam konsentrasi yang terbilang banyak, bahan kimia dapat melukai dan membunuh sel baik dalam tubuh manusia. Selain itu, bakteri ini juga dapat merusak protein dan DNA tubuh. Cukup berbahaya, bukan?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini