nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Iko Uwais Terlalu Cinta Pencak Silat Sejak Kecil

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 19:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 12 481 1921607

DUNIA pencak silat rupanya telah mengalir dalam darah Iko Uwais sejak lahir. Namanya pun besar sebagai publik figur karena kemahirannya di dunia seni bela diri.

Lewat Film "The Ride", Iko sosoknya dikenal sebagai cowok tampan dan jago silat. Di sisi lain, ia ramah terhadap semua orang di sekelilingnya. Sejak saat itu, masyarakat mencari tahu seluk-beluk Iko yang kepopulerannya kian melejit.

Diceritakannya, saat pertama ia mengenal seni bela diri bukan beberapa tahun belakangan. Sejak lahir, Iko besar di kalangan keluarga yang jago silat.

Kakeknya tidak lain menjadi guru besar perguruan pencak silat Tiga Berantai. Di usianya yang masih belia dulu, Iko terus mengenal teknik pencak silat tanpa ada rasa bosan.

"Dari melek mata saya kenal pencak silat. Sampai sekarang terus latihan, enggak ada bosannya. Setiap hari di sela syuting, pasti latihan," ujarnya di sela membuka Sekolah Martial Arts Thunder 11, di Bekasi, Kamis (12/7/2018).

Adapun makna seni bela diri secara umum bagi Iko sangat banyak. Kegiatan ini tak hanya sekedar menjadi bagian olah gerak tubuh agar lihai, tetapi juga bisa melindungi diri dari tindak kejahatan.

Apalagi, dewasa ini banyak tindakan tak menyenangkan di jalan raya, seperti penodongan senjata tajam, penjambretan, pemalakan, dan sebagainya.

Iko Uwais

Iko pun mengingatkan masyarakat supaya waspada dengan kejadian tak menyenangkan itu. Bisa saja, Anda mengalaminya dan bahaya jika tak bisa melawan musuh.

Di samping itu, bila sudah menguasai teknik bela diri, dapat semakin mempererat hubungan keluarga. Seperti halnya Iko, dukungan dari keluarga telah lama ada dan ia berani menerima tawaran film laga yang membahayakan kalau tidak jago.

"Orang belajar pencak silat atau bela diri lainnya enggak harus paham betul. Asal tahu gerakan dasar dan insting bagus, itu terpakai lewat kegiatan tersebut," imbuh dia.

Iko pun akan terus membagi ilmu seni bela diri ini kepada siapapun yang mau mendalami. Tak terkecuali, anak-anaknya yang mulai beranjak besar yang harus pintar melindungi dirinya dari tindakan kejahatan atau kekerasan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini