Kapan Anak Cocok Belajar Silat? Ini Saran Iko Uwais

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 07:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 12 481 1921625 kapan-anak-cocok-belajar-silat-ini-saran-iko-uwais-wJCvdpE77f.jpg Iko Uwais (Foto: @iko.uwais/Instagram)

SENI bela diri cocok dikenalkan kepada semua kalangan, tak terkecuali anak-anak. Lantas, usia berapakah anal boleh ikut latihan tersebut sampai jago ya?

Adapun seni bela diri yang umum dipraktikkan oleh anak-anak paling banyak ialah pencak silat. Para orangtua selalu mengingatkan anaknya untuk mengikuti kegiatan ekstra ini di sekolah atau di sebuah perguruan.

Iko Uwais sebagai pesilat senior yang terkenal di kancah internasional sejak lama, selalu membagi ilmunya kepada banyak orang. Termasuk kalangan anak-anak yang ingin tahu kegiatan ini.

Dia menyebutkan, anak-anak boleh kenal dan mendalami seni bela diri dari usia balita. Namun ada beberapa anak yang kurang fokus saat belajar silat atau seni bela diri lainnya.

"Idealnya anak umur 4-5 tahun bisa belajar bela diri. Tulangnya masih gampang diolah, tapi fokusnya blm bisa dijamin. Paling tidak usia anak SD kelas 6 atau 1 SMP baru benar belajarnya," kata Iko saat ditemui di Bekasi, Kamis (12/7/2018).

Nah, gerakan dasar yang diajarkan supaya anak lihai mengusai teknik bela diri, termasuk pencak silat ialah gerakan pukulan. Ajarkan itu kepada anak-anak setiap hari sampai terbiasa.

Iko Uwais

Di samping itu, gerakan dasar lainnya yang mudah dipraktikkan adalah gerakan menangkis atau mengelak lawan saat beradu. Kalau dibiasakan, anak-anak pasti cepat tanggap dan semakin lihat beradu silat.

Dia menyebut, anak-anak penting sekali diajarkan ilmu bela diri sejak dini. Selain mengukur keberaniannya, mereka jadi punya tameng saat mengalami kondisi ta menyenangkan saat jauh dari orangtua.

Iko rupanya telah mengajarkan buah hatinya, si sulung Atreya Syahla Putri Uwais. Di rumah, dia mengajarkan gerakan dasar silat meski belum terlalu serius. Namun saat kelak dewasa, anak-anak kesayangannya harus menguasai semua teknik dari kegiatan tersebut.

"Tentu pencak silat bisa jadi diteruskan ke Atreya. Gerakan dasar dia sudah belajar dengan Uwais Team di rumah. Dia juga senang dan meniru saat saya latihan," bebernya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini