nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Anak Sehat? Ibu Harus Terbiasa Hidup Sehat Terlebih Dahulu

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 481 1921629 ingin-anak-sehat-ibu-harus-terbiasa-hidup-sehat-terlebih-dahulu-n1csCHllmv.jpg Ilustrasi (Foto: Dollarmommyclub)

SETIAP orangtua tentu menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Termasuk tidak ada orangtua yang ingin anaknya sakit. Maka dari itu, orangtua harus membiasakan anak dengan pola hidup sehat. Namun tak hanya sekadar membiasakan, orangtua terutama ibu juga harus memberi contoh.

Sebuah penelitian baru menemukan anak-anak dari ibu yang mengikuti gaya hidup sehat memiliki risiko jauh lebih rendah untuk mengembangkan obesitas. “Anak-anak menghormati orangtuanya. Mereka juga mengikuti perilaku orangtuanya karena dianggap teladan," kata penulis utama penelitian, asisten profesor Harvard University, Qi Sun seperti yang dikutip dari TODAY, Kamis (12/7/2018).

Hasil penelitian tersebut mungkin tidak terlalu mengejutkan. Namun Sun mengatakan ada korelasi kuat antara kesehatan ibu dengan anak-anaknya. Hal ini terungkap ketika penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal itu meneliti anak-anak dari hampir 17.000 perempuan dalam dua penelitian berbeda.

Penelitian mempelajari 5 indikator berikut yang terkait dengan kemungkinan seorang anak obesitas. Indikator itu antara lain indeks massa tubuh ibu (atau BMI), kebiasaan merokok, tingkat konsumsi alkohol, rutinitas aktivitas fisik, dan pola diet. Setelah memperhitungkan faktor-faktor yang berpotensi memberikan pengaruh seperti usia, etnis, dan sejarah penyakit kronis, para peneliti kemudian menemukan risiko obesitas pada anak-anak adalah 56% lebih rendah bila ibunya memiliki indeks massa tubuh normal yaitu 18-25.

Sedangkan pada ibu-ibu yang mengikuti semua indikator 5 kebiasaan gaya hidup sehat memiliki anak-anak yang kemungkinan obesitasnya 75% lebih rendah. Seperti yang diketahui, obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Stroke, diabetes, penyakit jantung, dan kanker merupakan penyakit yang faktor risikonya disebabkan oleh obesitas.

"Indeks masa tubuh ibu adalah korelasi terkuat dari indeks massa tubuh anaknya. Korelasi kemudian diikuti oleh merokok, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, dan diet ibu," tambah Sun. Misalnya, seorang ibu yang secara teratur melakukan aktivitas fisik lebih cenderung mendorong anak-anaknya untuk berolahraga atau terlibat dalam kegiatan lain itu sendiri. Demikian pula dengan seorang ibu yang tidak merokok. Mereka lebih cenderung mendorong anak-anaknya untuk tidak merokok.

Anak Main Sepatu Roda

Penelitian ini menunjukkan bahwa jika seorang ibu bekerja untuk memiliki gaya hidup sehat, maka itu tidak hanya bermanfaat bagi kesehatannya, tetapi juga pada anaknya. Selain faktor kesehatan fisik, Sun mengatakan gaya hidup seorang ibu dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan emosional, sosial, dan psikologis anak-anaknya.

“Seorang ibu yang mengonsumsi alkohol hanya dalam jumlah sedang bisa memiliki risiko depresi yang lebih rendah. Dan kita tahu depresi dapat menjadi faktor yang menghancurkan dan berdampak pada kesehatan anak," pungkas Sun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini