Orang Harus Menguasai Seni Bela Diri, Ini Kata Iko Uwais soal Manfaatnya

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 13:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 13 196 1921888 orang-harus-menguasai-seni-bela-diri-ini-kata-iko-uwais-soal-manfaatnya-YvUZh2bqvF.jpg Manfaat bela diri (Foto:Ist)

DEWASA ini tak banyak orang minat untuk mendalami ilmu seni bela diri. Padahal latihan itu penting diterapkan dan banyak manfaatnya. Kira-kira buat apa sih?

Sebenarnya jika telah menguasai teknik bela diri sejak lama, Anda jadi nyaman berada di mana saja. Kegiatan ini tak sekedar untuk main-main, tapi banyak hal yang bisa dipelajari.

Sebagai Pesilat Senior, Iko Uwais tidak bosan mengenalkan kegiatan tersebut kepada banyak orang. Menurutnya, praktik seni bela diri sangat menyenangkan dan begitu menguntungkan.

Dia menyebutkan beberapa manfaat saat seseorang mengenal seni bela diri secara mendalam. Simak ulasannya berikut ini, dirangkum Okezone, Kamis (12/7/2018).

BACA JUGA:

Apa yang Terjadi jika Ratu Inggris Meninggal Dunia? Ini Protokolnya!

1. Bisa melindungi diri dari tindak kejahatan

Belakangan ini merebak kabar tindak kejahatan atau kekerasan di tempat umum. Ini tentu mengkhawatirkan dan merugikan diri sendiri. Banyak kasus penodongan, penjambretan, pemalakan, dan beberapa hal lainnya. Sementara itu, jika Anda mau belajar mendalami seni bela diri seperti pencak silat, diri sendiri akan merasa aman, bahkan ikut menguntungkan orang lain.

2. Memperkuat insting

Iko menyebutkan, pesilat rata-rata punya insting kuat saat hendak didatangi musuh. Misalnya, saat berada di tempat keramaian seperti kendaraan umum, halte bus, mal, pasar dan beberapa lokasi lainnya bisa saja segerombolan orang mendekati Anda dan berbuat jahat. Biasanya insting langsung kuat dan bersiap-siap melawan mereka. Terlebih, Anda langsung meninggalkan lokasi itu demi keamanan pribadi.

BACA JUGA:

4 Masalah yang Muncul Meski Sudah Lepas dari Kekerasan dalam Hubungan

3. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai olah gerak

Beradu pencak silat tak hanya meningkatkan kemahirann olah gerak tubuh, tapi orang jadi lebih berani dalam menghadapi musuh. Di samping itu, fungsi dari latihan ini sama dengan olahraga yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kekuatan otot yang menguntungkan.

4. Mempertahankan silaturahmi

Beberapa kalangan keluarga besar di lingkungan para pesilat. Biasanya selalu ada generasi baru yang melestarikan seni bela diri itu. Seperti halnya Iko, ia lahir dan besar di lingkungan keluarga yang jago pencak silat. Dia pun nantinya bakal menurunkan kemahirannya itu kepada anak-anaknya kelak.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini