Jangan Grasakgrusuk, Ini 5 Pertimbangan Sebelum Balikan dengan Mantan

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 17:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 13 196 1922009 jangan-grasakgrusuk-ini-5-pertimbangan-sebelum-balikan-dengan-mantan-540xUj5BqM.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Karena satu dan lain hal, perpisahan mungkin terjadi. Tak dipungkiri juga, Anda mungkin saja akhirnya kembali pada mantan kekasih. Sebetulnya sah-sah saja balikan sama mantan jika Anda dan dirinya masih saling mencintai dan ingin membuka lembaran yang baru. Bahkan tidak jarang beberapa orang yang balikan sama mantan bisa langgeng hingga pernikahan.

BACA JUGA: Hanya dengan Cium Aroma Makanan Bikin Perut Keroncongan? Ini Sebabnya

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Namun, ada yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan kembali merajut hubungan dengan mantan kekasih Anda. Apa saja itu? Simak aturan di bawah ini baik-baik, ya.

Yang harus dipertimbangkan sebelum balikan sama mantan

1. Temukan alasan tepat untuk balikan

Sebelum memulai berkencan kembali, Anda harus menemukan alasan tepat dan meyakinkan diri untuk kembali pada orang yang sama. Apakah Anda masih benar-benar sayang dan mencintai mantan? Apa Anda melihat adanya suatu hal yang bisa dicapai jika kembali bersama? Jika alasan kembali dengan mantan adalah karena Anda malas atau takut men-jomblo serta khawatir tidak bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik, lebih baik urungkan niat balikan Anda. Mulai perluas pergaulan dan wawasan Anda untuk bisa menemukan orang baru.

2. Balikan bukan memperbaiki hubungan yang kandas, tapi membuka lembaran baru

Banyak pasangan salah kaprah, bahwa dengan kembali lagi bersama itu artinya memperbaiki masalah yang dulu bikin hubungan putus. Bila ingin hubungan asmara berjalan baik dan berhasil, jangan terapkan pemikiran seperti itu. Anda dan pasangan harus mencoba menjadi pribadi baru yang lebih baik. Di mana kebiasaan buruk saat berhubungan dulu harus dihilangkan. Jangan sampai ada ucapan lagi seperti “Kamu itu nggak pernah berubah dari dulu sikap jeleknya!”

Justru Anda berdua harus mengganggap bahwa hubungan yang baru ini sifatnya betul-betul baru, seolah Anda berdua tidak pernah berpacaran sebelumnya. Balikan memang artinya Anda harus mulai lagi dari nol, bukan melanjutkan dari titik terakhir sebelum putus.

3. Jangan mengungkit masalah yang pernah terjadi

Ilustrasi, Shutterstock
Foto: Shutterstock

Saat Anda memutuskan untuk balikan sama mantan pasangan, disarankan untuk tidak mengungkit masalah-masalah di hubungan Anda sebelumnya. Ini akan menjadi bumerang bagi hubungan Anda. Setiap orang berhak untuk dimaafkan dan diberi kesempatan untuk memperbaiki sikapnya. Dikhawatirkan jika Anda gemar mengungkit kesalahan pasangan di hubungan terdahulu, ia akan ragu dan merasa hubungan asmara yang dijalani berada di bawah bayang-bayang kesalahan yang pernah diperbuat.

4. Bersiap dengan hubungan yang berbeda

Saat balikan, tidak semua hal akan menjadi lebih indah atau setidaknya sama seperti dahulu kala Anda dan mantan bersama. Contohnya saat balikan Anda dan pasangan akan canggung untuk memanggil nama kesayangan satu sama lain lagi. Hubungan Anda dan pasangan juga tidak langsung sehangat dan semenggebu-gebu dahulu kala. Semua itu ada waktu dan awalan tersendiri, Jadi, coba nikmati dan jalani hubungan yang Anda bangun dari awal kembali.

 

BACA JUGA: Tidak Hanya Tulang Sehat, Paparan Sinar Matahari Pagi Bisa Cegah Kanker!

5. Balikan bukan jaminan sukses

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa dengan balikan sama mantan, hubungan Anda pasti sukses. Meski demikian, tidak ada salahnya juga untuk mencoba kembali dengan orang yang sama. Terkadang, beberapa masalah di masa lalu bisa menjadi penyebab Anda dan pasangan bertengkar kembali. Jika hal ini terulang terus, sebaiknya Anda mengundurkan diri saja dari hubungan ini. Setidaknya Anda sudah mencoba melakukan yang terbaik di dalam hubungan asmara dengan mantan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini