Bagaimana Cara Mengetahui Susu Sudah Basi atau Belum?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 07:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 13 298 1921914 bagaimana-cara-mengetahui-susu-sudah-basi-atau-belum-gViVJCqfBJ.jpg Minum susu (Foto: Thelist)

PRODUK susu cair, jadi salah satu bahan makanan yang rutin mengisi ruang lemari pendingin di rumah. Selain penting, susu sendiri memang penuh dengan kandungan protein, kalsium, vitamin D, potassium, dan fosfor yang semuanya penting dibutuhkan tubuh.

Susu cair baik yang tersimpan di wadah kardus karton ataupun wadah botol kaca, memang esensial untuk digunakan sehari-hari. Baik itu sebagai campuran untuk hidangan sereal sebagai menu sarapan di pagi hari, diminum langsung, campuran minuman kopi atau teh, atau sebagai bahan campuran mengolah aneka masakan atau membuat kue.

Dalam mengonsumsi susu, cara penyimpanan adalah salah satu faktor yang sangat penting. Penyimpanan yang tidak tepat atau meninggalkannya di kulkas terlalu lama dapat mengubah minuman bergizi ini menjadi berbahaya bagi kesehatan. Jadi, memastikan pastikan susu di rumah dalam keadaan baik alias tidak basi, jadi pekerjaan yang wajib untuk dilakukan.

Kemudian dengan cara seperti apa kita bisa mengetahui susu yang disimpan di rumah sudah basi atau belum? Menyitat Livestrong, Sabtu (14/7/2018) berikut tiga cara yang bisa dipraktekkan untuk mengetahui apakah susu sudah basi atau masih dalam kondisi baik layak dikonsumsi.

BACA JUGA:  Sering Berkeringat saat Tidur? Ini Lho Penjelasan Dokter

Hirup aromanya

Cara pertama untuk menguji susu sudah basi atau tidak ialah dengan melakukan tes aroma. Mencium aroma susu disebutkan ajdi salah satu cara terbaik untuk menguji pembusukan pada susu. Hirup dan cium aroma susu, jika tercium aroma asam bahkan aroma busuk di dalam susu, maka susu tersebut sudah bisa dipastikan sudah basi.

Lihat teksturnya


Memeriksa tekstur cairan susu, bisa dengan cara sederhana yaitu menuangkan sebagian susu ke dalam gelas atau mangkuk untuk memeriksa apakah susu telah mengental. Susu yang basi, bisa dilihat teksturnya akan mengental dan menjadi dadih. Di mana semua atau sebagian susu mungkin teksturnya menyerupai tekstur keju cottage atau agak mengental. Ini adalah tanda susu sayangnya telah basi dan harus dibuang.

Tes rasa 


Ini adalah cara terakhir jika masih belum terlalu yakin bahwa susu telah basi. Periksa rasa susu dengan cara mengecapnya di mulut, dengan catatan sedikit saja susu yang digunakan. Dengan merasakannya langsung di mulut, Anda akan mendeteksi rasa asam atau busuk jika susu memang telah basi. Ingat, cukup dicecap saja, tidak perlu sampai harus diminum banyak hanya untuk memastikan susu telah basi atau masih berkondisi baik.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini