Apa Bedanya Susu Kental Manis, Susu Bubuk dan UHT?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 13 298 1921946 apa-bedanya-susu-kental-manis-susu-bubuk-dan-uht-arUEbVHT2O.jpg Susu (Foto: World Atlas)

SUSU tidak bisa disangkal adalah salah satu produk atau bahan makanan yang sudah sangat akrab di kehidupan sehari-hari, semenjak kita masih kecil. Sebab memang, susu dengan segala manfaatnya bagi kesehatan, penting untuk dikonsumsi.

Produk susu sendiri hadir di pasaran dengan berbagai jenis. Mulai dari susu kental manis atau yang dalam bahasa Inggris disebut sweetened condensed milk, lalu susu bubuk, hingga susu UHT.

Begitu beraneka ragam jenis susu yang ada, walau sama-sama hadir sebagai produk susu, namun masing-masing jenis produk susu ini memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang menjadikan setiap masing-masing produk susu menjadi mempunyai perbedaan satu sama lain.

 

Pertama contohnya, susu kental manis yang dari tampilan visual saja sudah bisa terlihat jelas punya tekstur atau konsistensi yang berbeda dengan susu cair. Susu kental manis punya konsistensi kental dan tebal.

Sedangkan soal rasa, jika susu cair murni memang tidak ada rasa, nah susu kental manis ini seperti namanya punya rasa yang manis karena hasil pencampuran antara susu dan gula yang telah dipanaskan untuk menghilangkan separuh kandungan airnya. Secara hukum, susu kental manis disebutkan terdiri dari delapan persen lemak susu dan dua puluh delapan persen susu padat, yang mana jika dibandingkan dengan susu biasa kandungannya lebih tinggi yakni tiga persen lemak sus dan delapan persen susu padat.

Kedua ada susu bubuk, atau bisa juga disebut dry milk. Hadir dengan tekstur kering karena telah berbentuk bubuk, susu utuh atau bisa juga susu tanpa lemak yang kandungan airnya dikeluarkan sehingga hasil akhirnya berbentuk bubuk kering. Untuk konsumsi, berbeda dengan susu kental manis yang bisa langsung dikonsumsi, susu bubuk harus dilarutkan dulu dengan air. Disebutkan lebih lanjut, biasanya susu kering alias susu bubuk ini jadi alternatif murah daripada susu cair biasa.

 

Terakhir ada susu UHT (ultra high temperature), susu UHT ini adalah susu cair yang mengalami salah satu dari tiga level pasteurisasi , yang terdiri dari tiga level yakni temperatur sangat tinggi (ultra high temperature), lalu tempatur tinggi dalam waktu singkat (high temperature short-time) disingkat HTST, dan temperatur rendah (low-temp).

Pasteurisasi sendiri seperti yang tertera dalam situs resmi Real California Milk, adalah sebuah proses memanaskan susu untuk menghancurkan mikroorganisme penyebab penyakit dan untuk meningkatkan masa simpannya. Namun, sayangnya dikatakan proses ini juga bisa membunuh sebagian besar nutrisi dan enzim baik yang ada di dalam susu. Hingga akhirnya sebagian besar vitamin asli dari susu telah berkurang.

Disebut sebagai susu UHT, karena berbeda dengan jenis susu lainnya. Susu cair ini berarti dipanaskan hingga suhu lebih tinggi dari 275 derajat Fahrenheit selama lebih dari dua detik. Jika wadah jenis susu lainnya, bisa disimpan dalam wadah plastik kemasan dan juga kotak seperti susu bubuk, atau wadah kaleng serta plastik kemasan untuk susu kental manis. Susu UHT ini adalah susu yang disimpan dalam wadah aseptik (kardus), susu yang tidak didinginkan (disimpan di lemari pendingin) dan stabil dikatakan pasti susu UHT. Demikian seperti dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (14/7/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini