nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Susu Basi? Jangan Dibuang, Paling Enak Bikin Jadi Yogurt

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 298 1921954 punya-susu-basi-jangan-dibuang-paling-enak-bikin-jadi-yogurt-3ZF0N1h9sb.png Yoghurt terbuat dari susu fermentasi (Foto:Ist)

SUSU basi atau yang sudah asam ternyata tidak seburuk yang selama ini kita bayangkan. Susu basi ternyata dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai hidangan lezat, dan juga untuk perawatan kulit. Ini karena kandungan prebiotiknya yang cukup tinggi sehingga aman dikonsumsi dan justru baik untuk kesehatan.

Nah, bagi Anda yang memiliki susu basi di rumah, jangan buru-buru membuangnya. Anda masih bisa menggunakan bahan makanan tersebut untuk membuat makanan atau hal lain yang bermanfaat. 6 hal berikut contohnya, sebagaimana dilansir dari Tree Hugger.

BACA JUGA:

5 Kafe di Dunia Ini Juga Berpelayan Seksi, Awas Mata Tidak Berkedip!

Membuat kue

Susu yang telah basi tentu memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi. Anda bisa menggunakannya untuk pengganti buttermilk, yogurt, atau krim asam. Beberapa resep makanan bahkan merekomendasikan untuk menggunakan “susu asam”, yang dibuat dari campuran susu segar dan satu sendok cuka. Beberapa jenis hidangan yang dapat Anda buat dengan bahan makanan tersebut di antaranya, pancake, wafel, biskuit, cone, dan masih banyak lagi.

Mengolah masakan

Selain kue, susu basi juga bisa digunakan untuk bahan memasak. Para chef profesional kerap menambahkan bahan makann ini untuk membuat makanan menjadi terasa lebih kental dan creamy. Anda bisa mencampurkan susu basi ketika hendak membuat olahan seafood yang direbus, atau bahkan kentang panggang. Namun perhatikanlah takarannya agar rasa makanan tidak terlalu asam.

 

Yogurt

 

Cara paling tepat untuk memanfaatkan susu basi adalah dengan dijadikan yogurt. Semua orang tentu sudah tahu bahwa makanan yang satu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia karena mengandung bakteria baik di dalamnya.

Perawatan kulit

Percaya atau tidak, susu basi ternyata berkhasiat menghaluskan kulit. Anda bisa menyulap bahan makanan ini menjadi masker wajah atau sebagai bahan campuran untuk membuat lulur. Caranya, tambahkan secangkir susu basi dan minyak esensial (untuk mengurangi baunya yang menyengat) ke dalam bak mandi, lalu gunakan airnya untuk membasuh tubuh hingga merata. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan sabun.

Pupuk tanaman

Encerkan susu basi dengan air, lalu tuangkan ke dalam pot. Kandungan kalsiumnya dapat menyuburkan tanaman Anda, terutama tomat dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Makanan peliharaan

Campurkan susu basi ke dalam pakan peliharaan Anda, misalnya makanan ayam, anjing, atau kucing, lalu panggang hingga matang. Kandungan nutrisinya dipercaya dapat memberikan energi tambahan serta menjaga sistem pencernaan pada hewan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini