Kenapa Dianjurkan Kocok Dahulu Sebelum Minum Susu?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 14 Juli 2018 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 13 298 1921962 kenapa-dianjurkan-kocok-dahulu-sebelum-minum-susu-j2cAOifntm.jpg Ilustrasi (Foto: Abc)

PERNAHKAH Anda mengira atau mempertanyakan mengapa ada anjuran untuk mengocok susu kemasan sebelum dikonsumsi?

Tidak hanya melalui tayangan iklan, tapi anjuran untuk mengocok dahulu produk susu kemasan yang mau diminum ini biasanya juga dengan jelas tertera dituliskan di bagian kemasan susu itu sendiri.

Sebenarnya alasan apa yang melatarbelakangi anjuran susu harus dikocok dulu sebelum Anda teguk? Nah, saran ini jangan dianggap enteng loh. Sebab diketahui, alasannya ialah berhubungan dengan kandungan nutrisi yang ada pada susu yaitu dua jenis protein, whey dan casein.

Disebutkan, ketika disimpan dalam wadah kemasan, biasanya dua jenis protein yang punya rasio 2:8 ini berada di tempat yang terpisah. Jika whey ada di dalam cairan, nah protein jenis casein lebih sering mengendap di bagian bawah kemasan.

 (Baca Juga:5 Kiat Mudah Penuhi Kebutuhan Air Minum dalam Sehari, Nomor 3 Paling Asyik!)

Dengan mengocok cairan susu, di dalam kemasan dua jenis protein tersebut akan melebur menjadi satu. Sehingga begitu dikonsumsi, nutrisi baik dari dua jenis protein ini bisa dicerna tubuh dengan baik. Sayang kan hanya karena tidak dikocok sebelum diminum, manfaat baik dari susu jadi tidak bisa terserap oleh tubuh dan hanya terbuang begitu saja?

 

Anjuran untuk mengocok susu terlebih dahulu sebelum diminum ini berlaku tidak hanya untuk produk susu hewani seperti sapi dan kambing, tapi juga produk susu nabati (plant-based), seperti susu almond, susu kedelai, susu beras, susu oat, susu kelapa, susu macadamia, dan berbagai susu nabati lainnya.

Hadir dengan konsistensi yang sama seperti susu biasa lainnya, susu berbasis tanaman seperti kelapa, beras, kacang, oat dan susu kedelai ini membuat orang-orang yang mengonsumsinya sebagai susu alternatif tidak merasa ada yang hilang atau kurang. Seperti yang dijelaskan oleh Pip Reed dan Zoe Bingley-Pullin, selaku ahli gizi, tetap ada satu aturan penting yang harus dilakukan sebelum mengonsumsinya.

 (Baca Juga:3 Superfood yang Wajib Ditambahkan dalam Diet Anda)

Seperti yang sudah disinggung di atas, aturan mengocok susu sebelum diminum ini juga harus diterapkan ketika meminum produk susu nabati. Kenapa? Karena kandungan kalsium yang ada, cenderung bisa mengendap di bagian dasar.

“Kalsium diyakini mengendap di bagian bawah, sehingga agar bisa menyebar secara merata melalui susu nabati, penting untuk mengocoknya dengan baik sebelum disajikan,” ungkap Pip.

Senada dengan pernyataan Pip, Zoe menyebutkan bahwa seharusnya memang susu itu dikocok dulu sebelum diminum agar konsistensi susu bisa merata.

“Masuk akal kok kenapa susu itu dikocok dulu sebelum diminum, ya untuk mendapatkan konsistensi yang sama, termasuk menyebarkan vitamin dan konten mineral di seluruh susu. Contohnya dalam susu almond, almond yang sebenarnya akan lebih berat daripada air yang dicampur, yang berarti almond dan rasa akan mengendap di bagian bawah wadah kemasan, yang juga di mana kita akan menemukan semua kandungan nutrisi,” imbuh Zoe. Demikian seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/7/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini