Share

Bosan Susu Rasanya Itu-Itu Saja? Coba 5 Varian Rasa Ini Dijamin Ketagihan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 15 Juli 2018 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 13 298 1922097 bosan-susu-rasanya-itu-itu-saja-coba-5-varian-rasa-ini-dijamin-ketagihan-X6MeSxEyrH.jpg Susu mawar (Foto: Ambikaskitchen)

TIDAK bisa dipungkiri, banyak orang yang ogah minum susu karena rasanya yang kurang bersahabat dengan lidah. Terlebih, produsen susu juga tidak berani berinovasi ekstrim dalam mencipta rasa susu.

Jika melirik pada khasiat susu itu sendiri, minuman ini sangat kaya akan kalsium dan protein. Tentunya, kandungan tersebut baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.

Nah, jika susu murni yang sudah baik itu ditambah dengan buah di dalamnya, tentu manfaatnya akan jauh lebih besar. Misalnya saja susu rasa strawberi yang kemudian manfaatnya bertambah menjadi antioksidan sekaligus membuat kulit cerah.

Tapi, rasa tersebut pun dianggap sudah sangat biasa dan Anda butuh sesuatu yang baru. Bahkan, bila mungkin Anda membuat rasa susu sendiri sesuai keinginan.

Okezone punya saran nih, 5 rasa susu yang mungkin Anda tidak akan temukan di mana pun. Proses membuatnya pun mudah dan Anda bakal menyukai rasa baru ini. So, rasa apa saja kah itu?

1. Susu karamel

Anda penyuka makanan dan minuman sedikit lebih manis? Susu rasa ini bisa menjadi minuman favorit Anda. Terlebih jika Anda sudah sangat bosan dengan rasa manis cokelat atau strawberi. Cara buatnya sederhana;

Anda tinggal memanaskan panci kemudian masukan ke dalamnya gula dan 1 cangkir air. Kemudian masak campuran tersebut dengan suhu yang tinggi. Setelah warna campuran berubah lebih gelap, tiriskan dan caramel itu dimasukan ke dalam 4 cangkir susu. Aduk dan susu karamel siap diminum. Hmm... Terbayang kan manisnya susu ini di mulut?

susu caramel(Foto: Seriouseat)

2. Susu peppermint

Jika Anda bosan dengan rasa manis, varian rasa yang satu ini bisa jadi alternatif pilihan yang patut dicoba. Ya, susu peppermint. Rasa pedas dan hangat dari daun mint tentu memberi efek rasa yang berbeda dari biasanya.

Mau membuatnya? Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mencuci bersih daun mint. Kemudian anaskan susu di dalam panci. Lalu, masukkan daun mint yang sudah bersih ke dalam panci berisi susu dan tambahkan beberapa sendok gula. Biarkan larutan ini mendidih dan jika sudah, angkat daun mint dan susu peppermint siap diminum.

Susu peppermint(Foto: Likefun)

3. Susu mawar

Terdengar aneh bukan? Tapi, kandungan anti-oksidan yang tinggi dalam bunga mawar baik jika dikonsumsi manusia. Nah, agar manfaat mawar itu terasa, Anda bisa menyampurkannya dengan susu. Bagaimana membuatnya?

Pertama, Anda mesti membuat simple syrup dulu. Ini bisa dilakukan dengan memanaskan air yang dicampurkan gula. Didihkan dalam api tinggi dan jika sudah, dinginkan. Kemudian, panaskan lagi selama 5 menit dan simple syrup jadi.

Setelah itu, masukan ke dalam simple syrup itu air mawar, rose essence, dan pewarna makanan berwarna merah. Campurkan hingga simple syrup berubah warna.

Lalu, untuk membuat susu mawarnya, Anda tinggal menambahkan rose simple syrup ini ke dalam gelas susu Anda. Aduk hingga rata dan susu mawar pun siap diminum di pagi hari.

Susu Mawar(Foto: Ambikaskitchen)

4. Susu lavender

Aduh, bagaimana dengan rasa ini? Apakah pahit atau malah sangat aneh? Tenang, jangan langsung memberikan penilaian buruk seperti itu. Sebab, menurut beberapa sumber, susu lavender ini malah rasanya manis dan tentunya aroma yang dihasilkan sangat enak.

Jika Anda penasaran, buat saja sendiri di rumah. Caranya mudah, hal pertama yang mesti dilakukan adalah panaskan susu dan lavender bubuk dalam panci. Jika larutan sudah mendidih, tiriskan.

Karena Anda memanfaatkan lavender bubuk asli, maka sebelum Anda meminum susu ini, usahakan untuk menyaringnya terlebih dulu. Jika sudah, untuk perasa manisnya, Anda bisa menambahkan madu atau almond extract. Minum selagi hangat pasti enak sekali!

Susu Lavender(Foto: Equinox)

5. Susu Pisang-Cokelat dan Selai Kacang

Ouch! Hal pertama yang ada di benak Anda pasti rasanya akan saling bertabrakan. Semua paduannya bisa dikatakn memiliki sifat rasa yang kuat dan sulit untuk bisa menikmati susu ini.

Tapi, dengan takaran yang tepat, susu pisang cokelat dan selai kacang ini bisa menjadi minuman favorit di kala pagi datang. Mau membuatnya? Begini caranya

Hal pertama yang dilakukan adalah menyeduh susu cokelat. Setelah itu, masukan cairan tersebut ke alat blender. Tambahkan oat dan pisang segar. mTak ketinggalan selai kacangnya juga. Lalu campur semua bahan. Susu dengan rasa super manis pun siap dikonsumsi. Minuman ini direkomendasikan dikonsumsi dengan es batu atau dalam kondisi dingin.

Susu Cokelat Pisang(Foto: Bettycrocker)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini