nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Naik Pesawat, Lakukan 5 Tips Ini untuk Mencegah Jet Lag

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 14:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 13 406 1921846 sebelum-naik-pesawat-lakukan-5-tips-ini-untuk-mencegah-jet-lag-qhRtMnbn4o.jpg Jet Lag (Foto: Medicalherald)

SELAMA penerbangan ada beberapa hal yang dapat mengubah kondisi tubuh. Ini juga dapat memengaruhi kehidupan seseorang karena mereka harus beradaptasi dengan waktu setelah tiba di tempat tujuan. Fenomena ini biasanya disebut dengan jet lag . Kabar baiknya, jet lag adalah gangguan sementara, meskipun kadang-kadang terasa seperti tidak akan pernah berakhir.

Penderita akan merasakan kelelahan dan insomnia setelah terbang melintasi zona waktu yang berbeda. Ini tentunya akan mengganggu jam internal tubuh dan penderita mengalami kondisi mabuk perjalanan hingga tidak bisa tidur nyenyak.

Menyadur dari Medical Herald, Jumat (12/7/2018), Berikut cara ampuh untuk mengurangi jet lag dan membuat Anda bisa tidur dengan normal.

Baca Juga :

Mengubah pola tidur

Ini merupakan salah satu cara termudah untuk mengatasi jet lag sebelum menginjakkan kaki ke pesawat terbang. Seseorang dapat mencegah atau mengalami efek lebih rendah dari jet lag dengan tidur cukup sebelum terbang ke tempat tujuan Anda. Mengubah waktu tidur dengan satu atau dua jam pada hari-hari menjelang perjalanan sangatlah dianjurkan.

Mengubah waktu

Saat berada di penerbangan, seseorang dapat beradaptasi secara psikologis dengan mengubah waktu di jam mereka. Dengan mengatur waktu sesuai dengan di tujuan, seseorang dapat menempatkan dirinya dalam perspektif yang tepat sejak kedatangan Anda di tempat baru.

Minum air

 

Tetap terhidrasi juga sangat penting saat melakukan penerbangan. Selain itu tetap terhidrasi juga memiliki peranan penting ketika beradaptasi dengan zona waktu baru. Dengan meminum alkohol atau kafein, seseorang dapat menstimulasi tubuh dan pikiran mereka.

Hal ini bisa membuat mereka merasa seperti masih berada di rumah. Menghidrasi dan mencoba tidur di pesawat dapat membantu menghilangi jet lag ketika pesawat mendarat.

Waktu yang tepat untuk olahraga

Olahraga ringan sebelum penerbangan adalah pilihan tepat. Hal itu bisa membuat sirkulasi darah lancar dan pikiran tetap fokus, sehingga Anda bisa tetap terjaga. Ketika sudah sampai tujuan, lebih baik hindari berolahraga dan biarkan tubuh Anda rileks.

BACA JUGA:  Merinding! Pengalaman Mistis Pendaki Gunung Gede Kini Jadi Viral di Medsos

Makan dengan baik

Beberapa pelancong mengklaim berpuasa pada hari perjalanan adalah cara yang bagus untuk mengatasi jet lag. Namun, tidak ada bukti yang membenarkan cara ini. Disarankan para wisatawan menghindari makanan berlemak, tinggi karbohidrat sebelum tidur. Sebab, ini akan mengganggu tidur.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini