nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saat Liburan, Perhatikan 5 Hal Ini biar Enggak Nyasar dan Kecopetan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 21:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 13 406 1922057 saat-liburan-perhatikan-5-hal-ini-biar-enggak-nyasar-dan-kecopetan-mbQgXPAQ16.jpg Liburan (Foto: Pinterest)

SAAT traveling bersama teman atau sendirian alias solo traveling, tentunya akan ada banyak kejutan yang bisa hadir dan berpotensi mengacaukan perjalanan. Namun, semua permasalahan sebenarnya masih bisa dicegah.

Musibah seperti kehilangan barang berharga, uang, atau tersesat bisa saja Anda rasakan saat menjelajah suatu daerah, apalagi daerah yang baru saja dikunjungi, pasti banyak pula hal baru yang ditemui. Nah, untuk mencegah hal-hal yang buruk terjadi, berikut tips mencegahnya seperti yang dilansir dari laman The Sun, Jumat (13/7/2018).

BACA JUGA: Tidak Mudah, Begini Tahapan Menjadi Vegetarian

Tampilkan informasi kesehatan penting di ponsel

Dalam ponsel pintar ada sebuah aplikasi yang bisa menampilkan informasi kesehatan penting, seperti alergi atau kondisi medis lainnya, dan meletakkannya tepat pada layar kunci ponsel Anda. Hal ini bermanfaat jika Anda berada pada keadaan darurat dokter atau orang yang menolong secepat mungkin dapat mengetahui masalah kesehatan Anda.

Cegah kehilangan uang

Cara jadul tapi efisien adalah menaruh uang dalam sepatu. Ini adalah salah satu taktik untuk berhemat juga menyembunyikan uang dari rekan yang tangan panjang atau pencopet di daerah yang dikunjungi. Selain ditaruh dalam sepatu yang dikenakan, taruh juga dalam tabung lip balm atau lokasi mana pun yang sekiranya tidak pernah diduga.

Pisahkan barang berharga

 

Ketika bepergian atau melihat-lihat daerah yang Anda kunjungi, sebaiknya jangan bawa semua barang berharga, seperti paspor, kartu kredit, uang tunai, dan kunci hotel sebaiknya jangan taruh dalam tas atau dompet. Karena, jika dompet atau tas Anda dicopet maka siap-siap dunia terasa kiamat. Nah, untuk itu taruhlah berkas penting dalam brankas hotel, kunci hotel dalam saku, dan uang tunai selipkan pada ikat pinggang yang dimodifikasi, atau bagaimana pun cara Anda melindunginya agar tidak mudah diambil orang.

Simpan nomor darurat dalam kontak ponsel

Sebelum tiba di daerah tujuan, persiapkan dan simpan nomor penting dan darurat terkait penyelamatan atau kondisi darurat pada ponsel Anda. Nomor telepon ambulans, pemadan kebakaran, hingga polisi sangat penting untuk dimiliki.

BACA JUGA:

5 Kafe di Dunia Ini Juga Berpelayan Seksi, Awas Mata Tidak Berkedip!

Buka peta digital saat naik taksi atau alat transportasi lain

Selain menghindari nyasar di jalan, membuka peta digital yang terdapat dalam ponsel bisa mencegah Anda dari kejahatan si supir taksi atau pengendara kendaraan yang Anda tumpangi. Jika Anda merasakan masalah, hubungi nomor darurat yang ada di ponsel, atau minta pertolongan pada penduduk sekitar.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini