nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Hanya Tulang Sehat, Paparan Sinar Matahari Pagi Bisa Cegah Kanker!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 11:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 13 481 1921815 tidah-hanya-tulang-sehat-paparan-sinar-matahari-pagi-bisa-cegah-kanker-PMkuYDZYo2.jpg Sinar matahari pagi untuk cegah kanker (Foto:Ilustrasi/Pngtree)

MANUSIA membutuhkan berbagai macam asupan nutrisi dan vitamin di dalam tubuh. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh manusia adalah vitamin D. Sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan vitamin D secara alami. Anda hanya cukup mendapatkan paparan sinar matahari khususnya pada pagi hari untuk kulit.

Sebagaimana diketahui, vitamin D memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan manusia. Sayangnya beberapa penelitian menunjukkan sebagian besar populasi dunia tidak mendapatkan cukup vitamin D.

Menurut International Journal of Health Sciences, lebih dari 1 miliar orang kekurangan vitamin D di dunia saat ini. Sekira 30 menit sinar matahari setiap minggu sudah cukup bagi orang untuk menghasilkan pasokan vitamin D yang sehat. Vitamin tidak cepat terurai di dalam tubuh. Ketika matahari tidak keluar, penting untuk menemukan alternatif untuk vitamin D.

 BACA JUGA:

5 Kafe di Dunia Ini Juga Berpelayan Seksi, Awas Mata Tidak Berkedip!

Suplemen dapat memasok nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan. Menyadur dari Medical Herald, Jumat (13/7/2018), Okezone akan membahas mengenai manfaat vitamin D bagi tubuh manusia.

1.Tulang sehat

Kekurangan vitamin D menghasilkan tulang yang lemah. Anak-anak yang tidak mendapat cukup vitamin D dapat menderita penyakit rickets. Vitamin D membantu menyerap kalsium di usus. Ini juga membantu menjaga kadar fosfor dalam darah. Tulang seseorang akan menjadi lemah tanpa cukup vitamin D.

 

2.Mengurangi potensi terkena diabetes tipe 2

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Kadar vitamin D yang rendah dapat menjadi penyebab untuk mempengaruhi sekresi insulin dan toleransi glukosa secara negatif.

3.Pencegahan kanker

Efek vitamin D pada kanker mungkin sangat positif. Studi telah menemukan vitamin D mampu memperlambat perkembangan kanker. Dengan memperlambat sel-sel tumbuh dengan cepat, hal ini meningkatkan tingkat di mana sel-sel kanker mati. Lebih dari 200 gen manusia dipengaruhi oleh vitamin D. Jika seorang individu tidak memiliki cukup banyak gen, maka gen-gen ini dapat menjadi rusak.

4.Menyehatkan anak-anak.

Tingkat vitamin D yang rendah pada anak-anak dapat meningkatkan risiko seorang anak mengembangkan asma dan eksim. Meningkatkan kadar vitamin D dapat mengurangi peradangan glukokortikoid. Ini kemudian dapat digunakan sebagai terapi suportif untuk orang yang memiliki asma.

BACA JUGA:

Terungkap Fakta, Keseringan Makan Donat Bisa Membuat Anda Mudah Depresi

Tanda-tanda orang yang kekurangan vitamin D:

Mudah sakit

Mudah terinfeksi

Kelelahan

Sakit punggung

Sakit tulang

Depresi

Penyembuhan luka yang lambat

Rambut rontok

Nyeri otot

Dengan tidak mendapat cukup vitamin D, orang sama saja menempatkan diri mereka dalam bahaya. Jika seseorang tidak bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup per minggu, menambahkan suplemen bisa menjadi alternatif lain untuk meningkatkan kesehatan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini