4 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata, Salah Satunya Kualitas Tidur Anda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 12:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 13 481 1921863 4-langkah-mudah-menjaga-kesehatan-mata-salah-satunya-kualitas-tidur-anda-LuoxdARBI3.jpg Menjaga kesehatan mata (Foto:Ist)

MATA merupakan salah satu bagian dari panca indra yang sangat berpengaruh dalam hidup manusia. Oleh sebab itu, menjaga mata agar tetap sehat, merupakan kewajiban seseorang.

Menurut Vision Council of America, 75 persen orang dewasa Amerika menggunakan beberapa alat bantu penglihatan. Alat itu meliputi orang-orang yang memakai kacamata dan lensa kontak. Alhasil kesehatan mata menjadi salah satu hal yang paling santer didengungkan di negara tersebut.

Sebenarnya ada beberapa cara bagi individu dapat menjaga kesehatan mata mereka. Mengutip dari Medical Herald, Jumat (13/7/2018), Okezone akan membahas mengenai empat tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

 

1.Diet

Menerapkan program diet akan mempengaruhi kesehatan mata seseorang. Makanan kaya omega-3 asam lemak, lutein, seng, dan vitamin C dan E mencegah kerusakan mata. Nutrisi tersebut juga dapat menghentikan katarak dan degenerasi makula. Diet yang baik tidak hanya untuk ukuran pinggang dan mengurangi bobot badan Anda, tetapi juga dapat menyehatkan mata Anda.

Orang harus mengonsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, jeruk, dan makanan lain yang kaya akan kesehatan mata untuk menjaga nutrisi.

BACA JUGA:

Kulit Kaki Pecah-Pecah, Haluskan Kembali dengan Minyak Kelapa

2.Kacamata hitam

 

Sinar matahari dapat menyebabkan degenerasi makula dan terbentuknya katarak. Mengenakan kacamata hitam dapat mencegah terjadinya dua masalah penglihatan ini. Cahaya matahari yang menyilaukan pada hari berawan masih dapat mempengaruhi kesehatan mata seseorang. Jadi biasaknlah untuk mengenakan kacamata hitam jika keluar rumah pada siang hari.

3.Layar komputer dan Smartphone

 

Jutaan orang menatap layar komputer sepanjang hari ketika sedang berada di tempat kerja. Layar terang memengaruhi mata dan dapat merusak pandangan seseorang. Layar komputer menyebabkan terjadinya kelelahan mata karena melihatnya terlalu lama.

Aktivitas ini juga dapat menyebabkan penglihatan kabur dan seseorang mungkin akan kesulitan untuk menentukan fokusnya pada objek. Pemfokusan masalah dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengendarai mobil.

Layar komputer bukan satu-satunya perangkat yang mengganggu penglihatan. Layar smartphone juga memainkan bagian dalam kerusakan penglihatan. Dokter menyarankan mengambil istirahat 20 menit untuk mengistirahatkan mata ketika bekerja di depan komputer.

4.Tidur

 

Menurut DoctorOz.com, tidur memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan mata. Tidur memungkinkan mata untuk beristirahat dan memperbaiki diri setiap harinya. Tidur kurang dari delapan jam dapat menyebabkan mata seseorang menjadi tegang dan penglihatan menjadi lemah.

BACA JUGA:

Jajal Olahraga Para Raja Berburu dengan elang hingga Icip Olahan Daging Unta di Dubai

Untuk menjaga penglihatan dan kesehatan mata, Anda harus mencoba untuk tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Langkah-langkah ini dapat membantu manusia mempertahankan penglihatan mereka, tetapi disarankan untuk secara teratur pergi ke dokter mata untuk melakukan pemeriksaan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini